Buhari Tinjau Pekerjaan Jalan By Pass

id bm-tinjaujalan

Buhari Tinjau Pekerjaan Jalan By Pass

Bupati Kolaka, Buhari Matta saat meninjau pembangunan gedung Islamic Centre di Kolaka, Selasa. (Foto ANTARA/Darwis Sarkani)

"Peninjauan dilakukan dengan beberapa sasaran termasuk pekerjaan jalan dan jembatan yang berada di Bypass karena jalanan ini merupakan salah satu ikon pembangunan di Kolaka,"
Kolaka (ANTARA News) - Hari pertama masuk kantor pascapemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara periode 2013-2018, Bupati Kolaka Buhari Matta yang juga salah satu kandidat tersebut, meninjau beberapa pekerjaan proyek pembangunan dari instansi terkait, di antaranya pekerjaan jalan by pass.

"Peninjauan dilakukan dengan beberapa sasaran termasuk pekerjaan jalan dan jembatan yang berada di Bypass karena jalanan ini merupakan salah satu ikon pembangunan di Kolaka," katanya usai meninjau pembangunan jalan itu, Selasa.

Menurut Buhari, pembangunan jalan antara Kecamatan Pomalaa dan Kolaka  sepanjang 18 kilo meter itu,  mengalami kemajuan dengan target tahun 2013 diharapkan bisa berfungsi secara keseluruhan.

"Target kita saat ini setelah pembangunan beberapa jembatan penghubung, juga pengaspalan jalan serta pemasangan lampu jalan, sehingga tahun 2013 sudah bisa dilalui secara sempurna," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ketua DPW PPP Sultra itu, di sepanjang jalur bypass yang bersentuhan langsung dengan pesisir laut itu, akan ditata sedemikian rupa, sehingga nampak keindahan kota Kolaka.

"Di sepanjang pantai itu hanya bisa ditanami pohon mangrove dan tidak diperbolehkan untuk membangun perumahan agar keindahan kota bisa tertata," ujar Buhari Matta yang didampingi Kepala Bappeda Kolaka, Fahruddin Rahim dan Kepala Dinas PU Kolaka, Natsir.

Buhari juga mengatakan, dana yang digunakan untuk pembangunan jalan by pass itu berasal dari APBD Kabupaten Kolaka dan APBN serta bantuan pihak ketiga dari perusahaan swasta.

"Pembangunan jalan by pass ini juga dibantu oleh beberapa perusahaan sebagai bentuk partisipasi sinergitas antara pemerintah daerah dengan stake holder," ujarnya, seraya mencontohkan, beberapa jembatan yang dibangun oleh PT.Antam sebagai bentuk kepedulian terhadap Pemerintah daerah.

Selain meninjau pembangunan jalan by pass itu, Buhari juga meninjau pembangunan terminal bongkar muat yang berada di belakang Pasar Mekongga Raya, serta pembangunan Gedung Islamic Centre yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Khaerah Ummah. (Ant).
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar