Insan pers Kendari menyambut gembira HPN 2021 di Sultra

id hpn

Insan pers Kendari menyambut gembira HPN 2021 di Sultra

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari (lima dari kiri) saat menerima surat rekomendasi sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Sultra yang ditandatangani Gubernur Ali Mazi dan rekomendasi DPRD Sultra yang ditandatangani H.Abdurrahman Shaleh selaku ketua yang diserhkan Plt Kadis Kominfo Saefullah diruang Sekertaris PWI Pusat. ANTARA/HO

Kendari (ANTARA) - Kalangan insan pers di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyambut gembira ditetapkannya Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah penyelenggara Hari Pers Nasional (HPS) tahun 2021 yang puncaknya diperingati setiap 9 Februari itu.

"Tentu kami sebagai insan pers, sekaligus masyarakat Kota Kendari menyambut gembira informasi ini, atas ditunjuknya Provinsi Sultra oleh PWI Pusat sebagai tuan rumah penyelenggara HPN 2021," kata Anwar Hamzah, anggota dewan Kehormatan Daerah PWI Sultra di Kendari, Kamis.

Anwar Hamzah yang juga merupakan pensiunan karyawan LPP RRI Kendari dan pernah menduduki unsur Wakil Ketua PWI Sultra era tahun 90-an itu mengatakan, perebutan setiap daerah untuk menjadi tuan rumah penyelanggara HPN itu sangat dinantikan karena disitulah banyak kegiatan dan pertemuan nasional. Apalagi kehadiran seorang kepala negara dipastikan akan hadir pada puncak hari "H".

"Yang kami tahu bahwa setiap tahun HPN, presiden hadir, kecuali bila ada hal yang emergency, diwakili wakil presiden. Tentu dengan hadirnya kepala negara di HPN itu memberi nilai plus bagi setiap daerah sebagai tuan rumah," ujarnya.

Kesiapan Sultra menjadi tuan rumah HPN 2021 tersebut disampaikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra bersama Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, Syaifullah saat melakukan pertemuan dengan PWI Pusat di Jakarta, (13/11).

Bukti kesiapan tersebut ditandai dengan penyerahan surat permohonan secara resmi dari PWI Sultra disertai surat rekomendasi sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Provinsi Sultra yang ditandatangani Gubernur Ali Mazi dan rekomendasi DPRD Sultra yang ditandatangani H Abdurrahman Shaleh selaku ketua.

"Kami mendapat dukungan serius dari Pemprov Sultra dan DPRD Sultra agar Sultra menjadi tuan rumah HPN 2021. Surat rekomendasi tersebut bahkan sudah ditandatangani Gubernur dan Ketua DPRD pada saat pelaksanaan HPN 2019 di Surabaya Februari lalu,” ujar Ketua PWI Sultra, Sarjono bersama Sekertaris PWI Mahdar Tayonh saat diterima Ketua PWI Pusat Atal S Depari yang didampingi Sekretaris Jenderal PWI Pusat Mirza Zulhadi serta sejumlah pengurus PWI lainnya di Sekretariat PWI Pusat.

Plt Kadis Kominfo Sultra Syaifullah dalam pertemuan tersebut mengatakan, jika dipercaya dan ditunjuk sebagai penyelenggara peringatan HPN dua tahun mendatang, maka Sultra sudah siap.

Dia menyebutkan pengalaman Sultra telah beberapa kali menjadi tuan rumah pelaksanaan event berskala nasional bahkan internasional. Salah satunya peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019 yang beberapa hari lalu sukses dilaksanakan di Sultra.
 
Suasana pertemuan di ruang Sekertariat PWI Pusat antara pengurus PWI Pusat dengan PWI Sultra dan bersama Plt Kadis Kominfo Sultra di Jakarta Rabu 13/11/2019. ANTARA/HO
Mengenai akomodasi hotel, khususnya di Kendari, Syaifullah meyakinkan kepada pengurus PWI Pusat bahwa tidak perlu khawatir akan kekurangan kamar hunian bagi peserta HPN, sebab pada peringatan HPS yang diikuti ribuan peserta semua terlayani dengan baik. Demikian pula kesiapan teknis lainnya yang semua bisa dipersiapkan jika Sultra ditunjuk sebagai tuan rumah HPN.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PWI Pusat Atal S Depari menyatakan salut dan memberi apresiasi kepada Sultra yang mengajukan diri lebih awal sebagai tuan rumah HPN berikutnya setelah HPN 2020 dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Atal menyampaikan penunjukan tuan rumah HPN diputuskan melalui rapat pleno pengurus PWI Pusat.

"Keputusannya Sultra sebagai tuan rumah paling lambat sebelum HPN di Banjarmasin. Kami rapat pleno dulu. Yang jelas Sultra merupakan daerah pertama yang mengajukan secara resmi, belum ada yang lain. Dalam menetapkan tuan rumah pengurus PWI Pusat juga akan meninjau daerah yang mengajukan permohonan," jelas Atal.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar