BKKBN Sulawesi Tenggara canangkan kampung keluarga berkualitas di Baubau

id bkkbn

BKKBN Sulawesi Tenggara canangkan kampung keluarga berkualitas di Baubau

Kepala BKKBN Sultra, Asmar dan Wali Kota Baubau, As Thamrin, hadiri pencanangan kampung keluarga berkualitas di Keluarahan Kaisabu Baru, Kota Baubau, Senin. (foto Humas BKKBN Sultra)

Baubau (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Pemerintah Kota Baubau mencanangkan Kelurahan Kaisabu Baru Kecamatan Sorawolio menjadi kampung Keluarga berkualitas di Kota Baubau, Senin.

Pencanangan kampung keluarga berkualitas ini dilakukan oleh Wali Kota Baubau, AS Thamrin didampingi Kepala BKKBN Sultra, Asmar dan Kabid Dalduk BKKBN Sultra, Mustakim, Forkopimda serta OPD terkait di Pemkot Baubau.

Wali Kota Baubau mengatakan kampung keluarga berkualitas akan menjadi sarana seluruh dinas untuk berkolaborasi membangun kampung sesuai tujuan dari pencanangan kampung tersebut.

"Setiap daerah atau kelurahan harus mempunyai ciri khas tertentu untuk meningkatkan potensi yang ada. Pasan saya bahwa pencanangan kampung keluarga berkualitas di Kelurahan Kaisabu Baru ini harus menjadi resonansi bagi kelurahan yang lain sehingga dapat maju bersama," katanya.

Ia menambahkan, pembangunan kampung keluarga berkualitas tersebut harus sinergi dengan lintas sektor dengan tujuan utamanya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia dan secara khusus di Kota Baubau.

Sementara itu, Kepala BKKBN Sultra, Asmar, mengatakan BKKBN melakukan 'rebranding' dengan tujuan memperbaharui semangat dan image program KB di tengah masyarakat, salah satunya adalah penggantian kepanjangan kampung KB (keluarga berencana) menjadi kampung Keluarga berkualitas.

"Karena pembangunan kampung KB integral semua sektor bisa masuk, sehingga pemerintah mengusulkan agar mengganti nama kepanjangan menjadi kampung keluarga berkualitas," katanya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan penghargaan kader PPKBD terbaik dan penyerahan penghargaan terbaik pengelola kampung KB terbaik.

PPKBD merupakan kader yang secara sukarela berperan aktif melaksanakan dan mengelola program KB di tingkat desa atau kelurahan. Selain itu, terdapat pula Sub PPKBD yang juga bertugas dalam melaksanakan atau mengelola program KB di tingkat RT.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar