Ini analisa kenapa Indonesia bisa disalip Thailand dan Vietnam

id sea games 2019,perolehan medali,klasemen medali

Ini analisa kenapa Indonesia bisa disalip Thailand dan Vietnam

Logo SEA Games 2019 (Phisgoc)

New Clark City, Filipina (ANTARA) - Indonesia berada di peringkat empat klasemen perolehan medali SEA Games 2019 Filipina dengan 70 emas, 77 perak dan 99 perunggu, pada Selasa meski sempat bercokol di posisi kedua menempel tuan rumah.

Namun dua hari menjelang penutupan, Senin, posisi Indonesia melorot setelah disalip oleh Thailand dan Vietnam yang panen medali emas.

Catatan resmi SEA Games 2019 menunjukkan Thailand menyodok ke peringkat dua setelah meraup 27 medali emas pada Senin, dan Vietnam dengan 16 medali emas. Sementara hari itu Indonesia membungkus hanya empat medali emas.

Empat medali emas lndonesia hari itu disumbangkan oleh Hendro dari nomor jalan cepat 20km, Emilia Nova dari lari gawang 100m putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menjuarai bulu tangkis ganda putri, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dari nomor ganda campuran.

Sementara Thailand panen emas di cabang olah raga atletik dan tinju di mana masing-masing menyumbangkan lima medali emas. Kemudian negara Gajah Putih itu membawa pulang empat medali emas dari taekwondo, tiga emas dari karate, dan tiga emas dari panahan.

Medali emas lainnya bagi Thailand didapat dari menembak, sepak takraw, balap sepeda, selancar angin, voli pantai putri, dan esport.

Kemudian Vietnam naik peringkat tiga setelah terkatrol 16 medali emas yang mereka kemas kemarin untuk menggeser Indonesia satu peringkat di bawahnya.

Perolehan emas Vietnam hari itu datang dari cabang gulat di mana mereka menjuarai lima nomor, setelah itu tiga emas datang dari senam aerobik.

Di cabang bela diri lainnya, Vietnam menambah masing-masing dua medali emas dari taekwondo, kickboxing dan atletik.

Sedangkan medali emas yang lain diraih Vietnam dari tinju dan karate, dengan masing-masing satu medali emas.

Satu hari menjelang penutupan, Indonesia diperkirakan sulit mengatrol posisi mereka dari peringkat empat di saat hanya ada 10 nomor yang berpeluang memberikan medali emas bagi mereka sedangkan saat ini Vietnam unggul 10 medali emas dari Indonesia dan diprediksi masih akan menambah medali mereka.

Di peringkat dua, Thailand, sementara itu mengawali hari terakhir kompetisi dengan 84 emas, 91 perak dan 102 perunggu.

Tuan rumah tak tersentuh di pucuk klasemen dengan raihan 135 emas, 103 perak dan 105 perunggu dengan sisa 90 medali emas yang diperebutkan di hari terakhir.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar