Memperingati hari antikorupsi sedunia, Jaksa Agung: Jaga integritas

id hari antikorupsi sedunia

Memperingati hari antikorupsi sedunia, Jaksa Agung: Jaga integritas

Upacara Hari Anti Korupsi Sedunia yang digelar oleh Kejati Sultra, Senin (9/12/2019). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, semua komponen kejaksaan diminta untuk tetap menjaga integritas dan benar-benar menerapkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Hal itu berdasarkan instruksi Jaksa Agung RI ST Burhanuddin yang dibacakan oleh Wakil Kepala Kejati Sultra, Juniman Hutagaol saat bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di pelataran Kantor Kejati Sultra, Senin.

"Kita butuh keteladanan kuat yang dipelopori oleh hadirnya aparatur penegak hukum kejaksaan yang memiliki konsistensi dan integritas yang mumpuni dalam proses pemberantasan korupsi," kata Juniman Hutagaol, saat membacakan instruksi dari Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin.

Juniman mengatakan, peringatan Hari Antikorupsi Sedunia kali ini mengambil tema "Bersama Melawan Korupsi, Mewujudkan Indonesia Maju”.

"Korupsi merupakan musuh bersama, maka sudah tentu agenda pemberantasan korupsi harus melibatkan partisipasi semua komponen bangsa. Terlebih aparatur kejaksaan sebagai garda terdepan yang memiliki peran penting dan vital dalam penegakan hukum," kata Juniman.
Wakil Kepala Kejati Sultra, Juniman Hutagaol saat bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di pelataran Kantor Kejati Sultra, Senin (9/12/2019). (ANTARA/Harianto)


Ia juga mengatakan, sudah sepatutnya mendorong dan menggerakkan setiap warga masyarakat dan komponen lainnya untuk menjadi bagian dari gerakan moral dalam memerangi korupsi.

Korupsi tidak hanya masalah yang sangat kompleks meluas, katanya, namun juga bersifat sistemik, seringkali korupsi tumbuh subur sebagai bagian dari masifnya kekuasaan ekonomi, hukum dan politik dan bahkan merupakan sistem itu sendiri..

Sehingga ia menegaskan kepada seluruh jajaran Kejaksaan agar tetap menjaga integritasnya dalam melakukan tugas dan kewenangan yang dimiliki.

"Saya tegaskan bahwa saya tidak akan metoleransi setiap bentuk perbuatan tercela dan penyimpangan lainnya," katanya.

Baca juga: PA Wakatobi komitmen wujudkan bebas korupsi

Untuk diketahui upacara peringatan hari antikorupsi sedunia itu dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Kejati Sultra, Juniman Hutagaol saat bertindak sebagai Inspektur upacara dan diikuti seluruh jaksa maupun staf dan pelajar SMA 4 Kota Kendari, di pelataran Kejati Sultra.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar