PA Wakatobi komitmen wujudkan bebas korupsi

id Korupsi

PA Wakatobi komitmen wujudkan bebas korupsi

Ilustrasi. (Foto ANTARA)

Kendari (Antaranews Sultra) - Pengadilan Agama (PA) Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen wujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan mendeklarasikan pencanangan pembangunan zona integritas.

"Meski baru seumur jagung berdiri 2018, namun PA Wangi-Wangi berupaya agar unit kerjanya dapat merealisasikan WBK dan WBBM," kata Ketua Pengadilan Agama Wangi-wangi Abdul Muhadi, melalui pesan singkat yang diterima, Selasa.

Ia mengatakan, pencanangan zona integritas bukan seremonial belaka namun target utama adalah meningkatkan kapasitas akuntabilitas organisasi, pemerintah? bersih dan bebas KKN,? serta peningkatan pelayanan publik.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/Menuju WBBM.? terdapat enam poin yang? harus diterapkan seperti perubahan bidang manajemen, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Maraknya kasus operasi tangkap tangan terhadap aparatur negara diharapkan Pembangunan Zona Integritas menjadi langkah preventif, dalam upaya pencegahan aparat Peradilan Agama agar tidak terjerat dalam kasus pidana.

Program ini juga sebagai upaya meningkatkan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien.

Sementara itu Sekretaris Daerah Wakatobi Ilyas Abibu mengapresiasi dibangunnya zona integritas dilingkup pengadilan agama, dan pihaknya siap memfasilitasi segala kebutuhan demi terciptanya pelayanan optimal terhadap masyarakat Wakatobi.

"Kehadiran PA di Wakatobi tentunya Pemerintah sangat mendukung bagaimana menciptakan pelayanan yang optimal,? kata Ilyas.

Keberadaan PA di Wakatobi cukup membantu masyarakat sekitar dalam menyelesaikan berbagai gugatan seperti perceraian, sebab selama ini masyarakat menyelesaikan perkaranya lewat Pengadilan Agama di Kabupaten Buton ataupun Ke Kota Baubau.

Ia berharap, masyarakat wakatobi dapat terlayani secara tepat dan professional dengan konsistensi pelayanan bersih dan bebas korupsi yang telah dibangun pengadilan agama wangi-wangi.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar