Menjlang pelantikan DPRD Kendari, PKS belum tentukan calon ketua

id DPRD

Menjlang pelantikan DPRD Kendari, PKS belum tentukan calon ketua

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sulawesi Tenggara (Sultra), Yaudu Salam Ajo. (Foto ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Jelang Pelantikan DPRD Kendari, PKS belum tentukan calon ketua

Menjelang pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari periode 2019-2024, Agustus mendatang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), belum menentukan siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Kendari.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sulawesi Tenggara (Sultra), Yaudu Salam Ajo, mengatakan partainya belum melakukan pertemuan atau rapat untuk menentukan siapa sosok yang akan menjadi ketua di DPRD Kendari, dari tujuh orang yang berhasil menduduki kursi DPRD Kendari, berdasarkan hasil Pemilu 2019.

"Belum, kami belum melakukan pertemuan, tapi, pertemuan itu pasti akan kita lakukan, yang jelasnya pimpinan yang akan kita pilih adalah kader terbaik partai dan sungguh-sungguh ingin mendengarkan masyarakat Kota Kendari," kata Yaudu Salam Ajo, Minggu di Kendari.

Yaudu mengungkapkan, bahwa dalam waktu dekat pertemuan internal akan dilakukan, seperti janji sebelumnya yang kemungkinan akan dilakukan Juli, sehingga saat pelantikan nanti, PKS sudah memiliki calon ketua dan tidak perlu mencari lagi.

"Tentu dalam menentukan ketua, kita harus melakukan pertemuan, insya Allah dalam waktu dekat ini, yang jelas PKS mengajukan nama ke internal parpol, selanjutnya nama tersebut digodok dengan prosedural yang memenuhi syarat, kemudian ditentukan satu nama. Jadi kita hanya mengusul nanti, tidak tahu mekanismenya nanti, apakah diusul semua tujuh orang itu atau mungkin kita tentukan kriteria,” jelas Yaudu.

"Kan bukan hanya di Kendari saja yang diprioritaskan, tetapi di daerah lain juga kita ikut memperhatikan, maka dari itu tentu harus dibicarakan bersama, karena biasanya ada yang pantas jadi ketua, tapi belum ingin, tapi ada juga yang tidak pantas tapi ingin sekli jadi ketua," tambahnya.

Anggota DPRD Sultra itu juga pun mengungkapkan, bahwa peluang ke tujuh kader PKS yang berhasil lolos, memiliki peluang yang sama untuk menjadi Ketua.

"Peluangnya sama, yang jelas ada mekanisme yang akan kita jalani dan ikuti dalam menunjuk siapa yang akan menjadi ketua. Sama juga saat memilih Wawali itu kita juga ada mekanismenya. Jadi kita di PKS ini ada aturan mainnya," terangnya.

Untuk diketahui, PKS berhasil memperoleh tujuh kursi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Dengan demikian, PKS berhak mendapatkan 1 kursi Ketua DPRD Kota Kendari.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar