BKIPM-PKK Kendari edukasi warga terkait identivikasi ikan aman dikonsumsi

id BKIPM Kendari, PKK kendari, BKIPM peduli IPTEK

BKIPM-PKK Kendari edukasi warga terkait identivikasi ikan aman dikonsumsi

Ketua PKK kendari, Hj Sri Lestari Sulkarnain saat membuka kegiatan BKIPM Peduli Iptek di kendari, Jumat. (ANTARA/Suparman)

Kendari (ANTARA) -
Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) bersama Tim Penggerak PKK Kendari mengedukasi warga terkait dengan mengidentifikasi ikan yang baik, segar dan sehat serta aman untuk dikonsumsi keluarga.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam bentuk "BKIPM Peduli IPTEK" yang dibuka secara resmi oleh Ketua TP-PKK Kota Kendari Hj Sri Lestari Sulkarnain, Aula PKK Kota Kendari, Jumat.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19 ini juga dilaksanakan secara virtual melalui Aplikasi Zoom dan diikuti oleh seluruh TP PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Kendari.

"Kebutuhan ikan bagi masyarakat di kota Kendari sangat penting. Tidak hanya sekedar mengkonsumsi ikan setiap harinya, namun masyarakat juga membutuhkan pengetahuan terkait dengan mengidentifikasi ikan yang baik, segar dan sehat serta aman untuk dikonsumsi keluarga," kata Sri Lestari.

Untuk itu kata dia, edukasi kepada warga sangat penting dan sangat dibutuhkan agar masyarakat termotivasi untuk meningkatkan konsumsi ikan setiap harinya.
 
"Bahkan dengan edukasi ini, maka untuk asupan gizi setiap rumah tangga atau perkeluarganya, baik dengan kategori rendah maupun sedang, bisa diketahui berapa jumlah ikan yang semestinya dikonsumsi oleh setiap keluarga," katanya.

Sementara itu, kepala BKPIM kendari, Amdali Adhitama, mengatakan kegiatan BKIPM Pedukli Iptek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.

"Selain itu, kegiatan Byang mengusung tema Ikan Legal, Sehat dan Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat Kendari ini dilaksanakan juga dalam rangka Bulan Mutu Karantina tahun 2021," katanya.

Bertindak sebagai pemateri adalah Amsal Sallolo (Staf BKIPM Kendari) dengan tema Ikan Legal sehat dan Bermutu, Dr.Ir. Asnani, M.Si (FPIK-UHO) dengan tema Tekhnologi pengolahan hasil perikanan serta Dra. Hasnah Nur, A.Pt, MP.H (BPOM) dengan tema bahan tambahan berbahaya pada pengolahan hasil perikanan.  Peserta pada kegiatan ini sangat antusias, terutama cara memilih ikan sehat dan bermutu yang aman untuk konsumsi.

Sedangkan peserta secara online/ Daring diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan, Mahasiswa UHO dan UMK, Tim Pusat Pengendalian Mutu BKIPM, Kepala BKIPM Manado dan Kepala BKIPM Yogyakarta. 

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar