Selama 2019, Damkar Baubau tangani 114 kasus kebakaran

id Damkar Baubau

Selama 2019, Damkar Baubau tangani 114 kasus  kebakaran

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Baubau Tamsir Tamim. ANTARA/Azis Senong

Baubau (ANTARA) - Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menangani 114 kejadian kebakaran yang terjadi selama Januari hingga awal Desember 2019.

Kepala Dinas Damkar Kota Baubau Tamsir Tamim, Rabu menyebutkan, penyebab kebakaran lahan sendiri bervariasi mulai dari puntung rokok yang masih menyala, arus pendek listrik dan kompor meledak.

"Kasus yang mendominasi adalah kebakaran lahan disusul kebarakan pemukiman, pertokoan hingga kendaraan warga," ujaranya.

Melihat tingginya angka kejadian kebakaran tahun ini, Damkar Baubau akan meningkatkan pencegahan dengan sosialisasi ke masyarakat bagaimana mencegah dan penanganan saat terjadi kebakaran di rumah dan lingkungan.

"Progres ke depan nanti kita akan sosialisasi terkait pencegahan kebakaran sehingga masyarakat paham penanggulangan kebakaran," jelasnya.

Sementara itu, kata Tamsir, belum lama ini pihaknya menerima bantuan pengadaan satu unit mobil pemadam, sehingga total armada saat ini telah mencapai 8 (delapan) unit.

Kendati demikian jumlah tersebut belum memenuhi sepenuhnya kebutuhan Damkar, sebab idealnya harus 'standby' 10 unit untuk dapat menjangkau seluruh wilayah, apalagi intensitas kejadian kebakaran akhir-akhir ini cukup tinggi.

Baca juga: Baubau bangun tiga posko siaga kebakaran
 
Petugas pemadam kebaran saat melakukan simulasi di satu tempat. (foto Antara/Azis Senong)




 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar