Damkar Baubau ikut kompetisi nasional di Pekanbaru

id hut damkar

Ilustrasi - Personil Dinas Pemadam Kebakaran siaga. (Foto Antara)

Kendari (ANTARANews Sultra) - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, terus tingkatkan perfoma personilnya untuk berkompetisi di ajang Nasional yang akan diselenggarakan awal Maret 2019 di Provinsi Pekanbaru.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Baubau, Tamsir Tamim melalui pesan singkat yang diterimna, Selasa, dalam menghadapi lomba tingkat nasional pihaknya telah melatih khusus bagi 10 orang personil terkait skill dalam penanganan khusus dalam penyelamatan.

Ia mengatakan, 10 personil terus dilatih untuk mengikuti lomba Skill Competition dalam rangka menyambut hari ulang tahun Damkar tingkat Nasional ke-100 tahun yang akan dihelat di Provinsi Pekanbaru, Riau.

"Lombanya akan dilaksanakan 3-5 Maret 2019 dalam rangka HUT Damkar Ke 100 tahun," tutur Tamsir Tamim.

Latihan terus dipadatkan menjelang lomba dengan menguji kecepatan dan kesiapsiagaan personil dalam tugas penyelamatan, baik nyawa manusia maupun benda dan harta korban lainnya yang dapat diselamatkan.

"Latihan kita terus tingkatkan utamanya beban dari target nasional, sehingga pas lomba seluruh personil sudah siap," jelasnya.

Meski baru pertama kali Damkar Baubau melibatkan diri dalam ajang itu, namun pihaknya optimis, latihan rutin selama hampir sebulan tersebut dapat membuahkan hasil.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Joni Karno mengatakan ke 10 personilnya terdiri dari tiga tim, masing-masing Survival, Ladder Pitching, dan Hose Laying.

"Tim ini sudah terbagi habis dan kami sudah latihan kurang lebih 1 bulan," kata Joni.

Latihan tersebut bukan semata-mata mengejar target juara, namun yang tidak kalah penting adalah seluruh personil Damkar dalam meningkat profesionalitasnya dalam bekerja apalagi akhir-akhir ini Kota Baubau sering dilanda kebakaran.
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar