Jelang penerimaan CPNS, arus penumpang ASDP Baubau meningkat

id asdp

Jelang penerimaan CPNS, arus penumpang ASDP Baubau meningkat

Petugas dari UPTD Perhubungan dan ASDP saat memeriksa tiket penumpang kapal Ferry ASDP sebelum naik ke atas kapal, di Baubau, Jumat. (Antara/Azis Senong)

Baubau (ANTARA) - Arus penumpang kapal Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, khususnya lintasan Baubau-Waara (Kota Baubau-Buton Tengah) mengalami peningkatan jelang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019.

"Iya, berbeda sekali dengan hari-hari biasa yang menyeberang. Ini mulai ada peningkatan sejak hari Rabu, Kamis dan sampai hari ini. Cuma itu penumpang dengan kendaraan roda dua saja. Untuk roda empat biasa-biasa saja," ujar Supervisi Lintasan Baubau-Waara, Tahang, di Baubau, Jumat.

Ia mengatakan, peningkatan penumpang roda dua sekitar 30 persen tersebut terjadi hanya saat pagi hari saja atau hingga pukul 12.00 WITA. Selepas itu, angkutan kembali normal seperti biasa.

"Kemungkinan yang meningkat ini karena ada penerimaan PNS disana (Buton Tengah). Dan rata-rata yang menyeberang ini roda dua berboncengan. Sehingga kalau satu motor berboncengan jadi dua orang pasti ada peningkatan penumpang," katanya.

Sedangkan pada hari-hari biasa, menurutnya, pengguna jasa yang menyeberang lintasan Baubau-Waara hanya seperti pebisnis dan tukang ojek.
Suasana pengguna jasa kapal ASDP feri saat antre sebelum naik ke atas kapal, di Baubau, Jumat (Antara/Azis Senong)


"Kalau ASDP pada prinsipnya siap. Kalau misalnya ada kepadatan kita pasti tambah trip (perjalanan) untuk menghindari terjadinya penumpukan," tandasnya.

Baca juga: ASDP minta ada penambahan dispensasi penumpang

Di samping itu, tambah dia, dalam mengantisipasi lonjakan pada hari-hari tertentu, armada kapal lintasan Siompu akan diperbantukan.

"Tetap kita persiapkan. Kita akan manfaatkan kapal dari Siompu kalau memang pada saat hari tertentu ada peningkatan kendaraan. Kita lihat situasi saja," katanya.

Bahkan dalam melayani arus penumpang pada lintasan tersebut, tambah dia, jadwal keberangkatan kapal akan dipercepat.

"Saat ini dua kapal, kapasitas kapal itu memang agak lumayan banyak," ujarnya, seraya menambahkan dalam pelayanan juga mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar