Dinas Perikanan-Tim Penggerak PKK Sultra menggelar lomba masak serba ikan

id Lomba masak

Dinas Perikanan-Tim Penggerak PKK Sultra menggelar lomba masak serba ikan

Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, Agista Ariany Ali Mazi (kiri), saat menyambangi salah satu tim peserta lomba masak serba ikan, Sabtu (26/10/19). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Sultra mengupayakan peningkatan konsumsi ikan masyarakat dengan menginisiasi Lomba Masak Serba Ikan Tingkat provinsi.

Lomba masak serba ikan ini diikuti oleh masing-masing perwakilan kabupaten/kota se-Sultra. Dimana tema dalam lomba ini yakni "Ragam Menu Masakan Ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak".

Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, Agista Ariany Ali Mazi, Sabtu dalam sambutannya mengatakan, lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2019, merupakan salah satu program Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

"Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) diharapkan mampu terwujud generasi yang sehat, kuat dan cerdas serta masyarakat yang sejahtera," kata Agista Ariany, di Kendari.

Ia menjelaskan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam bingkai GEMARIKAN adalah lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga tingkat nasional.

"Melalui kegiatan ini akan diperoleh variasi menu serba ikan yang lebih beragam, inovatif sebagai sajian menu keluarga sehari-hari dan diharapkan menu-menu tersebut didistribusikan hingga ke tingkat Dasa Wisma.
Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, Agista Ariany Ali Mazi (tengah) bersama para pemenang lomba masak serba ikan, di salah satu hotel di Kendari, Sabtu. (ANTARA/Harianto)


Serta, lanjutnya, memadupadankan tekad dan niat untuk memajukan kesejahteraan melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi.

"Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik terhadap keluarga. Dari dahulu hingga sekarang ahli-ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengonsumsi ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi," ujarnya.

"Tentu harapan kita dengan lomba ini tentunya adalah adanya diversifikasi terhadap menu harian yang berbahan ikan sehingga tidak timbul kebosanan, dan kedua terciptanya inovasi-inovasi baru menu berbahan baku ikan," tutupnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar