DKP Kendari segera berlakukan asuransi nelayan mandiri

id asuransi-nelayan

Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), segera memberlakukan asuransi mandiri bagi nelayan di daerah itu.

"Program asuransi mandiri akan diterapkan tahun ini, selama ini masih dibantu oleh pemerintah. Tetapi saat ini kami masih menunggu surat khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari, Agus Salim Safarullah, di Kendari, Jumat.

Menurut dia, asuransi nelayan selama ini yang paling berperan adalah pemerintah dalam pembayaran premi, sedangkan pada asuransi nelayan mandiri semua ditanggung nelayan itu sendiri.

"Tahun ini ditargetkan asuransi mandiri tersebut mulai diberlakukan, meskipun surat juknis secara khusus dari kementerian belum ada, tetapi sudah mulai disosialisasikan kepada nelayan," katanya.

Disebutkan, sampai tahun ini total asuransi nelayan yang telah dikeluarkannya sebanyak 1.994 kartu.

"Rinciannya pada tahun 2016 nelayan yang sudah menerima kartu asuransi sebanyak 1.434 kartu, kemudian 2017 total kartu asuransi sebanyak 560 sehingga keseluruhan 1.994 kartu," katanya.

Ia menyebutkan, nelayan yang telah menerima klaim asuransi per 2017, sebanyak 13 nelayan yang meninggal secara alami.

"Klaim asuransi tersebut diterima oleh ahli waris, masing-masing menerima Rp160 juta," katanya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar