Pemerintah Kota Kendari kembangkan 13 kampung wisata

id Kampung wisata kendari

Pemerintah Kota Kendari kembangkan 13 kampung wisata

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Kendari, Fauziyah di Kendari, Selasa (Foto ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan terus mengembangkan kampung wisata yang sudah ada dan melanjutkan kembali di tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kendari, Fauziyah di Kendari, Selasa mengatakan pihaknya sedang mendeteksi potensi pusaka yang dimiliki 13 kampung wisata di Kota Kendari, yang akan di petakan untuk dikembangkan.

Untuk mengembangkan kampung wisata, lanjut Fauziah, Dinas Pariwisata Kendari akan berkunjung di beberapa kelurahan dan menemukan potensi di daerah masing-masing , melalui musyawarah bersama masyarakat, Kelompok Sadar Wisata (KSW) dan pemerintah setempat dalam hal ini lurah dan camat.

"Kita datangi, pendekatan ke kelompok sadar wisata kita tanya apa yang bisa dikembangkan di daerah masing-masing," jelasnya.

Sejak dicanangkan, Dinas Pariwisata Kendari telah mendatangi tiga kelurahan di Kota Kendari untuk menggali potensi dari masing-masing daerah tersebut.

Ketiga kelurahan itu diantaranya Kelurahan Mata Kecamatan Kendari dengan potensi yang diajukan kelompok sadar wisata adalah wisata kampung sayur, dan ada destinasi sejarah berupa baterai mata.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2023