Tutup APG 2022, Presiden Jokowi ajak sukseskan ASEAN Para Games 2023 di Kamboja

id Tarian dolanan

Tutup APG 2022, Presiden Jokowi ajak sukseskan ASEAN Para Games 2023 di Kamboja

Tangkapan layar Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato dalam penutupan ASEAN Para Games XI Tahun 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu (6/8/2022). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengajak semua pihak menyukseskan perhelatan ASEAN Para Games XII tahun 2023 yang akan dilangsungkan di Kamboja.

Hal itu disampaikan Presiden dalam pidatonya dalam acara penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu malam.

"Kita sukseskan ASEAN Para Games tahun depan di Kamboja," seru Presiden Jokowi sebagaimana disaksikan secara virtual melalui tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu.

Presiden Jokowi atas nama masyarakat Indonesia menyampaikan banyak terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Kamboja Hun Many atas kesediaan Kamboja menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XII 2023.

Hun Many merupakan putra Perdana Menteri Kerajaan Kamboja, yang juga menduduki jabatan Ketua NPC Kamboja.

"Terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara, terutama para atlet yang telah menunjukkan sportivitas persaudarannya," jelas Jokowi.

Presiden juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta dan masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah dalam perhelatan ASEAN Para Games XI Tahun 2022.

"Sampai jumpa di ASEAN Para Games XII Tahun 2023 di Kamboja," ujar Presiden.

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 juga disaksikan langsung Ibu Negara Iriana Jokowi serta cucu sulung Presiden, Jan Ethes Srinarendra.

Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022 setelah mengantungi 177 medali emas, 141 perak, dan 110 perunggu.

Raihan tahun ini membuat Indonesia telah tiga kali menjadi juara umum pesta olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara tersebut setelah 2014 di Naypyidaw, Myanmar, dan 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

 
Para penari Lembaga Kesenian Bali (LKB) Saraswati menampilkan Tari Janger saat berlangsung hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (15/4/2018). Pentas yang menampilkan berbagai tarian Bali itu dalam rangka menyambut 50 tahun berdirinya LKB Saraswati. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)


Tarian dolanan

Berbagai tarian dolanan anak (permainan anak) khas Indonesia ditampilkan dalam  upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Permainan anak yang diharmonisasi menjadi tarian itu seperti engrang batok yang berasal dari Sulawesi Selatan, ular naga (Jakarta), Lepetan (Jawa Tengah), dan Rangkuh Alu (Nusa Tenggara Timur).

Adapun para penarinya berasal dari Sanggar Semarak Candrakirana Art Center Surakarta, siswa dari SLB Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta, dan mahasiswa seni tari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Tarian tersebut merupakan refleksi dari keharmonisan dan satu kesatuan yang menjadi karakteristik masyarakat Indonesia. Puncak dari acara tarian ini ditutup oleh penampilan musisi Alffy Rev dan Novia Bachmid yang menyanyikan lagu-lagu daerah.

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 juga menampilkan teknologi canggih yang tidak ada saat pembukaan. Tetapi teknologi ini hanya bisa disaksikan bagi penonton yang melihat melalui broadcast, artinya hanya yang menonton melalui layar kaca yang bisa melihat.

Penutupan ASEAN Para Games 2022 dihadiri sekitar 10.000 orang. Panitia pelaksana mengurangi kapasitas penonton untuk masyarakat umum. Saat pembukaan, tiket bagi umum berjumlah 4.500 tiket, kini hanya dibagikan 2.000 tiket saja.

Pada upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, dilakukan pengamanan berlapis. Pemeriksaan dilakukan mulai dari gate terluar hingga pintu masuk di dalam area stadion.


Baca juga: Tak mungkin terkejar, Indonesia pastikan juara umum ASEAN Para Games 2022

Baca juga: Ini klasemen ASEAN Para Games 2022: Indonesia pertahankan juara umum




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden ajak sukseskan ASEAN Para Games 2023 di Kamboja
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022