BLK Kendari latih 80 siswa miliki keterampilan kerja

id BLK Mendari, blk, keterampilan kerja, sultra, kendari

BLK Kendari latih 80 siswa miliki keterampilan kerja

Suasana pembukaan pelatihan di BLK Kendari, Rabu (21/4/2021). (ANTARA/HO-BLK Kendari)

Kendari (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan pelatihan berbasis kompetensi institusional kepada 80 siswa baru agar mereka memiliki keterampilan kerja lima jurusan sehingga dapat untuk mencari kerja atau menciptakan lapangan kerja.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Rabu, mengatakan lima kejuruan yang dimaksud Teknisi Instalasi Tenaga II, Penggambaran 2D Sistem CAD I, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa III, Service Sepeda Motor Konvensional I, dan Audio Video

"Total peserta yang ikut dalam pelatihan sebanyak 80 orang, terdiri dari 16 orang setiap paketnya. Alhamdulillah, meski di bulan Ramadhan kami masih tetap bisa menjalankan proses pelatihan dan kali ini kami buka lima paket lagi," kata dia.

Ia mengharapkan para peserta sungguh-sungguh mengikuti pelatihan sehingga mampu menguasai materi dan praktik dari ilmu yang diajarkan para instruktur.

“Mengikuti pelatihan di sini, para peserta pelatihan harus bisa menjadi lebih baik, karena mereka memiliki tambahan ilmu pengetahuan, keterampilan dan disiplin yang tinggi. Tiga hal ini juga merupakan bagian dari indikator kelulusan siswa dinyatakan kompeten,” katanya.

Dalam pelatihan, pihaknya juga menanamkan empat kecerdasan yang perlu dikuasai mereka agar bisa meraih sukses,  yakni kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan sosial.
 
Suasana pembukaan pelatihan di BLK Kendari, Rabu (21/4/2021). (ANTARA/HO-BLK Kendari)


Kecerdasan intelektual merupakan bentuk dari penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan, kecerdasan spiritual bentuk dari ketaatan dalam beribadah, kecerdasan emosional bentuk dari pengendalian diri, dan kecerdasan sosial bentuk dari pembawaan diri.

"Insyaallah kalau kita mampu menguasai ini jalan kesuksesan sudah terbuka, tinggal usaha yang menjadi penentunya. Saya juga sangat berharap kepada para peserta yang kini telah menggunakan seragam seperti saya dan secara otomatis telah menjadi bagian dari keluarga besar Kemnaker RI untuk sungguh-sungguh mengikuti semua prosesnya,” katanya.

Selain itu, ia meminta para peserta menjaga nama baik BLK Kendari selama proses pelatihan dan bahkan setelah lulus, menjaga sikap yang baik selama proses pelatihan agar menjadi cerminan masyarakat umum dan mampu mempertanggungjawabkan sertifikat kompeten yang dikeluarkan BLK Kendari dan BNSP, ketika telah masuk dunia usaha atau industri.

“Jika para siswa melakukan itu maka kami sebagai keluarga memiliki tanggung jawab juga terhadap mereka. Kami, tetap melakukan pengawasan terhadap perkembangan para siswa sejak proses hingga menjadi alumni dan kami akan membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keterampilannya," katanya.

Pembukaan pelatihan tahap V dengan lima paket pelatihan oleh Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu, didampingi Kadis UKM Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Buton Utara Tayeb, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha BLK Kendari Mukasir, Sub Koordinator Pemberdayaan, Nurjayanti, Sub Koordinator Penyelenggara Fira Febrianti, dan beberapa instruktur dari kejuruan yang dibuka.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar