Sebanyak 65 siswa dan mahasiswa ikut pelatihan seni perfilman

id film,diknas,pelatihan seni,museum

Sebanyak 65 siswa dan mahasiswa ikut pelatihan seni perfilman

Plt.Kadisdikbud Sultra Drs Asrun Lio, PhD bersama Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Sultra Dody Syahrulsyah, SE,MSi dan Kepala seksii kebudayaan, Ny Arini Wahyu Widyawati, M,Sos. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan pelatihan seni perfilman dengan melibatkan 65 peserta dari kalangan pelajar perwakilan dari SMU/SMK sederajat dan beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kendari.

"Kegiatan pelatihan seni perfilman pertama dilakukan di UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada para pelajar dan mahasiswa yang punya cikal bakal dalam sangar seni perfilman khususnya di Kota Kendari," kata Arini Wahyu Sadalwati, M,Sos, Kepala Seksi Taman Budaya UPTD Museum dan Taman Budaya Diknasbud Sultra, di Kendari, Senin.

Kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Kesenian dan Perfilman dengan tema 'Bahasa Sinema' itu dibuka langsung Plt Kadis Diknasbud Sultra, Drs Asrun Lio, M.Hum, PhD didampingi Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dody Syarulsyah,SE MSi, Kabid Kebudayaan Drs Husen Kamase dan Kabid Perencanaan Drs Laode Fasikin.

Baca juga: Dikbud Sultra berikan apresiasi pelatihan seni perfilman bagi generasi pelajar
Plt Kadisdikbud Sultra (kedua kiri) saat menghadiri pembukaan pelatihan bimbingan teknis seni dan perfilman yg diselenggarakan UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra. (FOTO ANTARA/ Azis Senong)
Menurut Arini Sadalwati, pelatihan seni perfilman yang dilaksanakan selama tiga hari (20-22 Juli) itu melibatkan beberapa pemateri dan mentor dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang ahli dibidang tata cara penulisan naskah dan editing terkait pembuatan film.

"Kita harapkan, dengan kegiatan pelatihan seni perfilman ini, adik-adik peserta yang memiliki bakat di bidang seni teater untuk memanfaatkan bertanya kepada nara sumber yang memang khusus kami datangkan dari IKJ," ujarnya.

Adapun nara sumber dari IKJ yang memberi pelatihan pada kegiatan kali ini adalah Ian Davin dan Arandhitio Balagi, keduanya merupakan anak muda pegiat seni perfilman yang juga memiliki sanggar seni dan studio.

Baca juga: 65 siswa dan mahasiswa ikut pelatihan seni perfilman
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar