Lanal Kendari gelar tes cepat COVID-19 ABK pelabuhan Bungkutoko

id Rapid test,Lanal kendari, ABK,plabuhan bungkutoko

Lanal Kendari gelar tes cepat COVID-19 ABK pelabuhan Bungkutoko

Anak buah kapal (ABK) di pelabuhan Bungkutoko Kendaari saat menjalani tes cepat COVID-19 yang dilaksanakan oleh Lanal Kendari dengan melibatkan KSOP Kelas II Kendari, Dinas Kesehatan Kendari dan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari, Kamis (28/5/2020). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Pangkalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (Lanal) mengadakan tes cepat corona (rapid test COVID-19) untuk ratusan anak buah kapal (ABK) dan buruh angkut di Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis.

Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia mengatakan kegiatan itu dilakukan guna mencegah penyebaran dan penularan virus Corona, khususnya kepada para ABK dan buruh angkut di pelabuhan Bungkutoko Kendari.



Andike mengatakan bahwa kegiatan itu melibatkan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Pelabuhan Indonesia (Pelindo), serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari.

"Kita laksanakan rapid test di Pelabuhan Bungkutoko dan sasarannya adalah tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan seluruh personel yang bekerja di pelabuhan, baik ABK kapal yang berangkat maupun kapal yang datang," kata Andike di Kendari.

Andike mengungkapkan dalam kegiatan tes cepat COVID-19, pihaknya menyiapkan 500 buah alat tes cepat, dimana 400 akan digunakan, sementara 100 buah sebagai cadangan.



Selain itu, kata Andike, setelah di pelabuhan Bungkutoko, selanjutnya akan lakukan di seluruh pelabuhan yang ada di kendari.

"Kami akan ke dermaga fery atau dermaga nusantara, nanti sesuai dengan pembicaraan kami selanjutnya," tuturnya

Ia mengatakan hasil tes cepat Corona itu diberikan kepada Satuan Tugas COVID-19 Sultra. Jika ada yang reaktif, akan dilakukan tes swab tenggorokan.



"Hari ini kami siapkan dari Dinas KKP dan dari Dinas Kesehatan kota, apabila ada yang reaktif, akan dilaksanakan langsung dengan tes swab dan sudah disiapkan peralatannya dari Dinas Kesehatan Kota Kendari," pungkasnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar