TPID Sultra temukan kenaikan harga gula dan bawang di pasar

id sidak

TPID Sultra temukan kenaikan harga gula dan bawang di pasar

Tim TPID yang melakukan sidak dipimpin Kadis perindag Sultra Hj Siti Saleh dengan sasaran sejumlah pasar induk dan tradisional dan gudang bulog dan grosir di Kendari, Rabu (foto Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindak) Sulawesi Tenggara (Sultra) menemukan adanya kenaikan harga yang tinggi pada  dua jenis komoditi utama di sejumlah pasar di Kendari.

Kadis Perindang Sultra, Hj Siti Saleha yang memimpin sidak di sejumlah pasar di Kendari, Rabu mengungkapkan, dari sejumlah pantauan di pasar maupun distributor ditemukan harga gula dan bawang putih alami kenaikan cukup signifikan.

"Memang benar adanya kenaikan harga gula pasir dari Rp12.500 per kilogram naik menjadi Rp15.000 per kilogram dan bawang putih dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp50.000 per kilogram," ujarnya

Ia mengatakan, kegiatan sidak bersama sejumlah instansi teknis bertujuan untuk memantau langsung ketersediaan stok dan harga komoditas di pasaran.

Dalam sidak bersama itu, menjadi sasaran utama adalah di sejumlah pasar induk dan tradisional seperti Pasar sentra Mandonga, Pasar Sentral Kota, gudang Bulog, Indogrosir dan beberapa perusahaan distributor.

"Dari hasil sidak benar terdapat kenaikan harga terutama pada komoditas gula pasir dan bawang putih. Sementara jenis kebutuhan lainnya masih tergolong normal dan stoknya tersedia," ujaranya.
Tim TPID yang melakukan sidak dipimpin Kadis perindag Sultra Hj Siti Saleh (kelima dari kanan) dengan sasaran sejumlah pasar induk dan tradisional dan gudang bulog dan grosir di Kendari, Rabu (foto Antara/Azis Senong)


Kenaikan harga tersebut, kata Siti Saleha adalah hal biasa karena salah satu penyebabnya adalah terbatasnya pasokan karena belum mulainya musim giling pada beberapa pabrik gula. Meskipun demikian, terdapat beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga seperti pada komoditas cabai dan telur.

“Harga komoditas daging, sayur, beras dan ikan pun cenderung stabil,” ujarnya kembali.

TPID dan Satgas Pangan akan terus memonitor dan mengupayakan ketersediaan pasokan kebutuhan pokok masyarakat, guna mencegah kenaikan harga pasar.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar