Dinas Pemberdayaan Perempuan menggelar Bimtek SIGA berskala nasional

id Dinas Pemberdayaan Perempuan

Dinas Pemberdayaan Perempuan menggelar Bimtek SIGA berskala nasional

Kepala Dinas (Kadis) P3APPKB Sultra, Andi Tendri Rawe Silondae saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimtek pada 44 orang staf yang membidangi data dan informasi masing-masing OPD di lingkup Sultra. (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pada staf yang membidangi data dan informasi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah daerah Sultra di Kendari, Kamis.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan itu Darwin saat membacakan laporan panitia mengatakan tujuan Bimtek tersebut untuk meningkatkan pengetahuan menghimpun data, mengelola data, menyusun statistik dan indikator tentang gender dan anak.

"Selain itu bagaimana memanfaatkan data tersebut untuk meningkatkan pelayanan terhadap laki-laki dan perempuan baik dewasa maupun anak-anak. Selain itu meningkatkan pengetahuan staf dalam menyusun profil gender dan anak," jelas Darwin saat membacakan laporan panitia.

Selain itu, Kepala Dinas (Kadis) P3APPKB Sultra, Andi Tendri Rawe Silondae saat memberikan sambutan menyebutkan, tujuan kegiatan tersebut untuk memberi pemahaman kepada seluruh peserta bimtek agar mampu menganalisis, mengelola dan memanfaatkan perangkat aplikasi SIGA (Sistem Informasi Keluarga).

"Tujuan Bimtek ini adalah memberikan pemahaman agar para peserta bisa menganalisis, mengelola dan memanfaatkan perangkat SIGA sehingga kedepan kita semua baik pemerintah maupun masyarakat dapat dengan mudah mengakses data gender dan anak yang mereka butuhkan," kata Andi Tenri Rawe Silondae, saat memberikan sambutan.
Kegiatan Bimtek pada 44 orang staf yang membidangi data dan informasi masing-masing OPD di lingkup Sultra. (ANTARA/Harianto)


Menurut Andi Tenri, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri tanpa didukung oleh seluruh elemen masyarakat dalam kapasitas dan profesinya masing-masing.

"Semoga ini menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya kesejahteraan perempuan dan anak," harapnya.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 44 orang staf yang membidangi data dan informasi masing-masing OPD di lingkup Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Dinas P3APPKB Sultra, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, serta narasumber pendamping yaitu Pakar dan praktisi Aplikator IT.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar