Buton Selatan Didorong Kembangkan Wisata Pulau Liwutongkidi

id pulau1

ilustrasi (foto Antara)

Kendari, 17/5 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, diimbau agar mengembangkan obek wisata Pulau Liwutongkidi sebagai destinasi pariwisata unggulan di kabupaten itu.

Imbauan tersebut disampaikan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Buton Selatan, Hasan Alif di Kendari, Rabu.

"Pulau Liwutongkidi merupakan salah satu pulau kecil berpasir putih di wilayah Buton Selatan yang menawarkan panorama alam yang sangat indah dan eksotis," katanya.

Menurut dia, selain menawarkan keindahan alam pantai yang sangat menarik, juga di alam bawah laut Pulau Liwutongkidi memilik beragam jenis terumbu karang yang cukup indah dan menjadi habitan bagi beragam jenis ikan dan biota lainnya.

Bila kawasan wisata pulau tersebut dikelola dan dikembangkan dengan baik kata dia, maka akan menarik minat banyak wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, untuk mengunjunginya.

"Artis nasional Cacah Fredericah pernah merayakan hari ulang tahunnya di alam bawah laut Pulau Liwutongkidi, saat wilayah tersebut masih menjadi bagian dari Kabupaten Buton," katanya.

Menurut dia, Pulau Liwutongkidi yang terletak di antara Pulau Kadatua dan Pulau Siompu, hanya berjarak kurang lebih 17 mil laut dari Batauga, ibukota Kabupaten Buton Selatan.

Menjangkau kawasan pulau berpasir putih yang dikenal dengan nama pulau ular itu dengan spead boad dari Batauga, hanya butuh waktu selama kurang lebih satu jam.

"Pemerintah Buton Selatan seyogyanya membangun sejumlah infrastruktur seperti sarana air bersih dan gardu pandang di kawasan tersebut, sehingga para pengunjung dapat beristrahat dengan baik setelah lelah memanjakan diri di kawasan pantai atau menikmati alam bawah laut di kawasan pulau tersebut," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar