Menpora Lepas Peserta Lomba Marathon Festival Danau Poso

id poso

        Tentena, Poso (Antara News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas peserta lomba lari marathon memeriahkan Festival Danau Poso (FDP) XIX di Kota Tentena, Tepian Danau Poso, Jumat.

         Lomba lari yang diikuti 111 peserta tersebut mengambil star di pegunungan Padang Marari, Desa Taipa, Kecamatan Pamona Barat dan finish di lokasi FDP Tentena.

         Sebelum mengangkat bendera star, Menpora Imam Nahrawi yang didampingi Bupati Poso Darmin A. Sigilipu memberikan semangat kepada para peserta lari marathon berjarak 42 km itu.

         "Orang Poso harus bermimpi menjadi pelari tingkat dunia. Jadi bersemangatlah mengikuti lomba ini, karena lomba ini dapat menciptakan bibit pelari untuk mengikuti iven berskala nasional dan dunia," ujarnya sambil mengibaskan bendera star.

         Para pelari dikawal ketat oleh pihak kepolisian dan TNI serta Pemda Poso.  

         Usai melepas pelari marathon, Menpora bersama Bupati Poso Darmin Sigilipu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulteng Hj.Siti Norma Marjanu, Staf khusus Bupati Poso Hendri Gary Lianto serta Kabag Humas Pemda Poso Leonard Nelloh, menaiki puncak Padang Marari untuk menikmati keindahan Danau Poso.

         Menpora kepada wartawan mengatakan dalam iven FDP tersebut, pemerintah pusat harus mendukung digelarnya kegiatan Olahraga berskala nasional seperti Tour de Singkarak di Sumatera Barat atau Danau Toba.

         Sementara untuk lomba lari marathon FDP XIX, menurut Imam, merupakan iven yang luar biasa, karena biasanya hanya menempuh jarak lima kilometer.

         ┬┐Iven FDP ini harus didukung pemerintah pusat agar ke depan dilaksanakan olahraga yang berskala nasional," katanya lagi.

         Lomba marathon FDP XIX ini dimenangkan Adi Putra, warga Desa Pandiri, Kecamatan Lage, dengan waktu tempu 3 jam 33 menit dan 3 detik.

         Dalam FDP XIX yang akan berlangsung hingga Sabtu (5/11) itu juga dipertandingkan berbagai jenis olahraga tradisional seperti tarik tambang dari atas perahu di Danau Poso dan berbagai permainan tradisional lainnya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar