Kabut Asap Ganggu Aktivitas Penerbangan Bandara Haluoleo

id kabut-bandara

Kabut Asap Ganggu Aktivitas Penerbangan Bandara Haluoleo

Kepala Bandara Haluoleo Kendari Samanto. (FOTO ANTARA/Suparman)

Kendari (Antara News) - Kepala Bandara Haluoleo Kendari Samanto mengatakan kabut asap mulai mengganggu aktivitas penerbangan di bandara tersebut.

"Mulai tadi malam (Kamis malam) ada satu penerbangan dari Jakarta yang seharusnya mendarat di Bandara Haluoleo pukul 19.00 waktu setempat, tetapi gagal dan harus kembali ke Bandara Hasanuddin Makassar, dan baru bisa mendarat di Bandara Haluoleo pada pukul 22.00 waktu setempat," kata Sarmanto, di Kendari, Jumat.

Ia menyatakan, kabut asap mulai terlihat dua hari belakangan ini yang membuat masing-masing pilot maskapai penerbangan untuk ekstra hati-hati saat mendarat di bandara tersebut.

"Bahkan hari ini ada dua penerbangan yang belum mendarat sesuai jadwal. Seharusnya mendarat pukul 09.30 dan 09.50 WITA, tetapi mereka belum berangkat dari Bandara Hasanuddin Makassar, sementara sekarang sudah menunjukkan pukul 11.50 WITA," katanya pula.

Pihak maskapai penerbangan tersebut, kata Sarmanto, menunggu konfirmasi dari Kendari atas kondisi cuaca bagus atau jarak pandang di atas 2.500 meter, kemudian berangkat dari Makassar menuju Bandara Haluoleo Kendari.

Menurut dia, meskipun terjadi gangguan penerbangan akibat asap tersebut, tetapi belum ada penerbangan maskapai tertentu yang dibatalkan.

"Tetap terjadi penerbangan, meskipun harus delay karena menunggu jarak pandang yang dianggap aman," katanya pula.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar