Hari ini, Dinkes Kendari mulai buka vaksinasi booster kedua

id Vaksin Booster ke dua

Hari ini, Dinkes Kendari mulai buka vaksinasi booster kedua

Ilustrasi - Vaksinasi COVID-19 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. ANTARA/Harianto

Kendari (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Sulawesi Tenggara membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 booster kedua untuk masyarakat umum yang dapat diperoleh masyarakat di posko vaksinasi Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Elfi di Kendari, Selasa, mengatakan pelaksanaan vaksinasi booster kedua ini sebagaimana surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Pendaftaran untuk vaksinasi COVID-19 dimulai pukul 08.30 - 11.00 Wita, sedangkan pelayanan dimulai jam 09.00 Wita hingga selesai," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan vaksinasi ini hanya perlu membawa KTP atau kartu keluarga. Pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 tersebut diberikan dengan interval 6 (enam) bulan sejak vaksinasi dosis booster ke-1.

Selain booster ke-2, Dinkes Kota Kendari juga membuka layanan vaksin COVID-19 dosis 1, 2 dan booster ke-1. Jenis vaksin Pfizer diperuntukkan bagi vaksinasi dosis 1 dan 2 untuk usia 12 tahun ke atas hingga lansia.

Vaksinasi booster ke-1 untuk usia 18 tahun ke atas, dengan interval waktu minimal 3 bulan setelah vaksin 2. Vaksinasi booster ke-2 untuk usia 18 tahun ke atas, nakes dan lansia 60 tahun ke atas, dengan interval waktu minimal 6 bulan setelah vaksinasi booster ke-1.

Sedangkan pelayanan vaksin menggunakan vaksin Indovac hanya diperuntukkan bagi vaksinasi dosis 1 dan 2 untuk usia 18 tahun ke atas. Vaksinasi booster ke-1 usia 18 tahun ke atas, minimal 3 bulan setelah vaksin 2 jenis Sinovac. Serta vaksinasi booster ke-2 untuk usia 18 tahun ke atas, minimal 6 bulan setelah vaksin booster 1 jenis Sinovac.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Vaksinasi booster kedua di Kendari dimulai hari Ini
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2023