Gubernur sebut Presiden Jokowi akan resmikan tiga PSN di Sulawesi Tenggara

id peresmian PSN,berita sultra terkini,ali mazi,presiden joko widodo,jokowi

Gubernur sebut Presiden Jokowi akan resmikan tiga PSN di Sulawesi Tenggara

Arsip - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi (dua kiri) bersama Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio di Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyebutkan Presiden Joko Widodo akan meresmikan tiga proyek strategis nasional (PSN) yang telah dibangun di provinsi itu pada awal Februari.

"Tiga proyek strategis tersebut yakni Jalan Tol Wisata Kendari-Toronipa, Rumah Sakit Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo, dan perpustakaan bertaraf internasional," kata Ali Mazi di Kendari, Selasa.

Dia menjelaskan Jalan Tol Wisata Kendari-Toronipa kini telah dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mempermudah akses menuju Pantai Toronipa di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Dulunya, jalan itu ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua sekitar satu jam dari jarak sekitar 15 kilometer. Kini, setelah selesai dibangun, jadi (bisa ditempuh) 15-20 menit saja," katanya.

Sementara itu, Rumah Sakit Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo yang berdiri kokoh setinggi 17 lantai juga telah rampung pada akhir 2022 lalu, bersamaan dengan pembangunan gedung perpustakaan bertaraf internasional. Gedung perpustakaan itu telah dimanfaatkan mahasiswa dan pelajar untuk mengakses buku bacaan sebagai bahan referensi berkualitas.

Pembangunan Jalan Tol Wisata Kendari-Toronipa sepanjang 14,6 kilometer telah menghabiskan anggaran hampir Rp1 triliun, sementara RS Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oupta Yi Koo menelan anggaran sebesar Rp458 miliar dan perpustakaan bertaraf internasional hampir Rp100 miliar.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2023