Liverpool susah payah amankan tiga poin kontra Sheffield United 2-1

id Liga Inggris,Liverpool,Sheffield United,diogo jota,roberto firmino,sander berge

Liverpool susah payah amankan tiga poin kontra Sheffield United 2-1

Penyerang Liverpool Diogo Jota (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Sheffield United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (24/10/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Byrne)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool susah payah mengamankan tiga poin dengan kemenangan 2-1 kontra Sheffield United dalam laga pekan keenam Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Penalti Sander Berge membuat Liverpool tertinggal, tetapi tim besutan Juergen Klopp itu memetik buah kerja keras mereka dengan kemenangan berkat gol-gol Roberto Firmino dan Diogo Jota, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Itu menjadi kemenangan perdana Liverpool di Liga Inggris tanpa Virgil van Dijk yang harus menepi karena cedera lutut setelah tak pernah absen dalam 94 pertandingan beruntun.

Tambahan tiga poin membuat Liverpool naik ke urutan kedua klasemen, menempel ketat rival sekotanya Everton dengan sama-sama mengoleksi 13 poin dan hanya kalah selisih gol. Tentu saja, Everton bisa menjauh lagi sebab mereka baru main pada Minggu malam nanti di kandang Southampton.

Sementara bagi Sheffield, hasil itu memperpanjang permulaan musim buruk mereka yang sudah melewatkan enam laga nirmenang dan cuma memiliki satu poin untuk duduk di urutan ke-19 klasemen.



Sempat mengancam lewat umpan tarik Sadio Mane yang harus disapu John Egan dan tendangan bebas Trent Alexander-Arnold dari tengah lapangan yang hampir memperdaya kiper Aaron Ramsdale, Liverpool malah tertinggal lebih dulu akibat eksekusi penalti Sander Berge pada menit ke-13.

VAR kembali tak berpihak kepada Liverpool, ketika mengubah keputusan wasit Mike Dean atas pelanggaran Fabinho terhadap Oliver McBurnie dari tendangan bebas jadi tendangan penalti.

Gol itu membuat Sheffield lebih leluasa melancarkan serangan balik dan hampir menggandakan keunggulan jika saja tembakan voli Ben Osborn tak dimentahkan kiper Alisson Becker yang kembali mengawal gawang Liverpool setelah absen beberapa pertandingan karena cedera.

Liverpool sendiri sedikit kesulitan tampak kesulitan mengaplikasikan pelan 4-2-3-1, sebab trio Mane, Firmino dan Jota belum optimal menyokong Mohamed Salah yang ditempatkan sebagai ujung tombak serangan.

Malahan, Sheffiled mungkin merasa berhak memperoleh setidaknya satu tendangan penalti lagi atas tiga insiden di dalam area terlarang Liverpool, yang tak ditindaklanjuti wasit.



Di tengah minim peluang yang mereka ciptakan, Liverpool tiba-tiba menyamakan kedudukan lewat sontekan Firmino atas bola muntah hasil sundulan Mane yang tak diantisipasi sempurna oleh Ramsdale pada menit ke-41.

Gol pertama Firmino musim ini tersebut hampir disusul pembalik keadaan oleh Salah, tetapi Ramsdale cepat meninggalkan sarangnya tak memberi penyerang Mesir itu kesempatan melepaskan tembakan bersih.

Memasuki babak kedua, tempo permainan masih lambat hingga Liverpool terlanjur melakukan selebrasi pada menit ke-62 ketika Salah mencetak gol bagus menyambut umpan silang Alexander-Arnold hanya untuk selebrasi itu dirusak sekali lagi oleh VAR yang menganulirnya.

Namun, dua menit kemudian Liverpool berhak melakukan selebrasi saat Jota dengan dingin menanduk umpan silang terukur kiriman Mane demi membawa tuan rumah betul-betul berbalik memimpin 2-1.



Sheffield berusaha bangkit menyerang saat Chris Wilder mengirim masuk penyerang David McGoldrick menggantikan gelandang John Lundstram. Keputusan itu hampir berbuah instan saat McGoldrick langsung dapat peluang, sayang tembakannya masih menyamping di sisi gawang Liverpool.

Pada menit ke-82, Salah kembali hampir melakukan selebrasi ketika berhasil memperdaya Ramsdale, tetapi sontekannya membentur tiang dan bola secara kebetulan kembali ke pelukan kiper Sheffield itu.

Sheffield memperoleh peluang pemungkas lewat pemain pengganti Oliver Burke pada menit kedua injury time, tetapi tembakannya melenceng tak tentu arah, memastikan Liverpool mengantungi tiga poin penuh dari laga tersebut.

Dalam rangkaian laga pekan ketujuh, kedua tim akan merumput pada Sabtu (31/10), dengan Liverpool menjamu West Ham United dan Sheffield menyambut Manchester City di Bramall Lane.

Namun, sebelumnya Liverpool akan lebih dulu tampil di lanjutan Grup D Liga Champions menghadapi wakil Denmark FC Midtjylland di Anfield pada Selasa (27/10).



Susunan pemain:

Liverpool (4-2-3-1): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Joe Gomez, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson; Diogo Jota (James Milner), Roberto Firmino (Takumi Minamino), Sadio Mane; Mohamed Salah
Pelatih: Juergen Klopp

Sheffield United (3-5-2): Aaron Ramsdale; Chris Basham, John Egan, Ethan Ampadu; George Baldock, John Lundstram (David McGoldrick), Sander Berge, Ben Osborn, Enda Stevens; Oliver McBurnie, Rhian Brewster (Oliver Burke)
Pelatih: Chris Wilder
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar