Hut ke-479, Baubau mendapat penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan

id Berita Baubau penyerahan WTP

Hut ke-479, Baubau mendapat penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan

Wali Kota Baubau AS Tamrin (ketujuh kiri) bersama pejabat Pemprov Sultra La Ode Mustari mewakili Gubernur, Danrem 143/HO dan Forkopimda daerah itu, berfoto bersama usai mengikuti upacara HUT Baubau tahun 2020, di Baubau, Sabtu (Foto Antara/Yusran)

Baubau (ANTARA) - Peringatan hari jadi Baubau ke-479 dan hari ulang tahun ke-19 sebagai daerah otonom menjadi kado istimewa bagi daerah itu, karena dalam suasana perayaan mendapat penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan.

Penyerahan piagam dan plakat WTP untuk tahun 2019 melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) daerah itu diterima langsung Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, AS Tamrin bertepatan upacara peringatan HUT Baubau pada Sabtu (17/10).


"Pertama-tama kita mengucapkan syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya pertama kepada Menteri Keuangan dan jajarannya yang telah menyerahkan penghargaan WTP itu," ucap Wali Kota AS Tamrin, usai mengikuti upacara peringatan HUT Baubau yang jatuh pada 17 Oktober 2020.

Penghargaan yang diraih untuk kelima kalinya secara berturut-turut itu, kata dia juga, merupakan berkat kinerja bersama dan sinergitas antara birokrasi, legislatif, yudikatif serta seluruh komponen lapisan masyarakat daerah itu.

"Jadi ini tercipta sebetulnya berkat kebersamaan dan kekompakan kita semua, sehingga segala sesuatu kinerja prestasi yang kita capai mendapat penghargaan dari instansi yang berkompeten," ujar Wali Kota Baubau dua periode ini.

Termasuk, lanjut dia, peran insan pers dalam menyambungkan informasi dan memberikan pembelajaran dan pendidikan politik yang positif kepada masyarakat dalam rangka membangun kebersamaan sehingga terciptanya suatu suasana yang damai, kondusif di Kota Baubau.  

"Karena menurut saya prestasi-prestasi itu diperoleh berlandaskan pada suasana yang aman, nyaman dan kondusif. Tidak akan mungkin kita mencapai sesuatu prestasi yang maksimal kalau kita gonto-gontokan satu sama lain." ujarnya, seraya menambahkan meskipun kita sadari selama ini ada saja riak-riak kecil-kecil yang terjadi, tapi alhamdulillah itu hanya segelintir orang yang juga mungkin karena tersadar.
 
Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin diwawancarai sejumlah media usai mengikuti upacara peringatan hari jadi Baubau ke-479 dan hari ulang tahun ke-19 sebagai daerah otonom, di Baubau, Sabtu. (Foto Antara/Yusran)
Sementara, Kepala KPPN Baubau, Nazuar mengatakan, penghargaan WTP yang diperoleh Pemkot Baubau untuk yang kelima kalinya secara berturut-turut itu seharusnya diserahkan di istana negara, tetapi karena kondisi pandemi sehingga dilakukan secara virtual.

"Biasanya bagi daerah yang berprestasi lima kali berturut-turut dipanggil ke istana, namun karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga kemarin dilakukan secara virtual," ujarnya.

Kata dia, penghargaan WTP berupa piagam dan plakat yang diperoleh daerah ada perbedaan, yang mana untuk piagam diserahkan kepada seluruh daerah yang mencapai status WTP. Tetapi khusus untuk plakat sebagai tambahan yang berturut-turut memperoleh penganugerahan WTP.

"Jadi alhamdulillah Kota Baubau mendapat prestasi yang luar biasa dengan lima kali berturut-turut," ujarnya.
 
Ia mengatakan, penghargaan dari pemerintah pusat yang ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani itu, penyerahan dokumen diserahkan ke daerah oleh perwakilan Kementerian Keuangan di daerah.

"Semestinya yang menyerahkan ini adalah Kepala Kantor Perbendaharaan Provinsi Sultra, namun berhalangan hadir sehingga diwakili oleh saya kepala KPPN Baubau menyerahkan penghargaan berupa piagam dan plakat," terangnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar