Tundukkan Leganes 2-0, Barcelona kembali perlebar jarak

id barcelona,leganes,liga spanyol,ansu fati,lionel messi

Tundukkan Leganes 2-0, Barcelona kembali perlebar jarak

Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen (kiri) melakukan penyelamatan demi menggagalkan peluang tim lawan Leganes dalam laga lanjutan Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton karena COVID-19 di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Selasa (16/6/2020) waktu setempat (ANTARA/REUTERS/Albert Gea)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona kembali memperlebar jarak keunggulan yang mereka miliki di puncak klasemen Liga Spanyol seusai mengatasi Leganes 2-0 dalam laga pekan ke-29 yang digelar tanpa penonton karena COVID-19 di Stadion Camp Nou, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kemenangan tersebut disokong oleh gol calon bintang masa depan Barcelona, Ansu Fati, yang dilengkapi dengan eksekusi penalti Lionel Messi, bintang Las Blaugranas lebih dari sedekade terakhir.

Hasil itu membuat Barcelona makin mantap di puncak klasemen dengan koleksi 64 poin dan sementara melebarkan jarak menjadi lima poin dari Real Madrid (59) yang baru merumput pada Kamis (18/6) waktu setempat (Jumat WIB).

Sedangkan Leganes (23) terpuruk di dasar klasemen, setelah Espanyol (24) main imbang di laga lebih awal, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Tim tamu yang tengah berjuang menghindari degradasi mau tak mau berada dalam posisi tertekan sejak awal laga, tetapi mereka berhasil memanfaatkan serangan balik untuk mengancam Barcelona.

Sayangnya Javi Eraso membuang waktu terlalu lama ketika berhadapan satu lawan satu dengan kiper Marc-Andre ter Stegen sehingga bola disapu oleh Gerard Pique, sedangkan tembakan Miguel Angel Guerrero masih menyerempet bagian luar tiang gawang.

Barcelona kembali mengendalikan jalannya pertandingan dan akhirnya membuka keunggulan tiga menit jelang turun minum melalui Fati, ketika talenta muda itu menaklukkan kiper Ivan Cuellar dengan tendangan mendatar.

Gol itu membuat Fati jadi pemain termuda kedua yang mencetak lima gol dalam semusim La Liga setelah Bojan Krkic, jebolan La Masia lainnya.

Pada menit ke-64, Antoine Griezmann sukses menjebol gawang tim tamu memanfaatkan umpan silang Nelson Semedo, tetapi wasit menganulirnya setelah tinjauan VAR menyatakan bek sayap Barcelona itu terjebak offside kala menerima bola dari Messi.

Barcelona akhirnya menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-69 melalui eksekusi penalti Messi setelah ia dijatuhkan oleh Jonathan Silva di dalam area terlarang.

Leganes berusaha membalas pada menit ke-82 ketika Ruben Perez mengirimkan umpan matang, tetapi tembakan penyelesaian Guido Carrillo melenceng di sisi luar tiang dekat.

Kedua tim akan memainkan pertandingan pekan ke-30 mereka pada Jumat (19/6) waktu setempat (Sabtu WIB) di kandang lawannya, Barcelona bertandang ke Sevilla dan Leganes menyambangi Mallorca.

Susunan pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Nelson Semedo), Gerard Pique (Samuel Umtiti), Clement Lenglet, Junior Firpo; Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Arturo Vidal), Arthur Melo (Ricard Puig); Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ansu Fati (Luis Suarez)
Pelatih: Quique Setien

Leganes (4-2-3-1): Ivan Cuellar; Unai Bustinza, Rodrigo Tarin, Chidozie Awaziem, Jonathan Silva (Kevin Rodrigues); Recio (Bryan Gil), Ruben Perez; Aitor Ruibal, Roque Mesa (Roger Assale), Javi Eraso (Ibrahim Amadou); Miguel Angel Guerrero (Guido Carrillo)
Pelatih: Javier Aguirre
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar