Pengurus wilayah KEBUGIS Sultra resmi dilantik

id kebugis

Pengurus wilayah KEBUGIS Sultra resmi dilantik

Pengukuhan pengurus wilayah Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (Kebugis) periode 2019-2024 resmi dikukuhkan oleh PB Kebugis Pusat Irjen. Pol. Purn. Dr. M. Said Saile (Jas merah) dan disakisikan Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir (menunduk) di gedung Datraco Center di Kendari, Sabtu. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) -

Pengurus wilayah (PW) Keluarga Bugis Sidenreng Raappang (KEBUGIS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2019-2024 resmi dikukuhkan oleh Pengurus Besar Kebugis Pusat Irjen. Pol. Purn. Dr. M. Said Saile di gedung Datraco Center di Kendari, Sabtu.

Pengukuhan dan Pelantikan yang hadiri Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir dan nyonya, Ketua BPW KKSS Sulawesi Tenggara H. Nurdin Tompo bersama ratusan masyarakat asal Sulawesi Selatan (Sulsel) umumnya dan warga Sidenreng Rappang khususnya.

Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Kebugis Sulawesi Tenggara, dibacakan oleh Sekretaris Jenderal PB Kebugis Sidrap M. Saleh Mude. Kemudian dilanjutkan dan pengucapan ikrar serta penyerahan bendera petaka Kebugis dari Pengurus Besar Kebugis M.Said Saile ke Ketua Wilayah Sulawesi Tenggara H. Arban Inring.

Said Saile dalam sambutannya mengakui telah melantik sedikiut enam provinsi pacsa dibentuk paguyuban masyarakat Bugis Sidenreng Rappang lima tahun lalu.

"Saya telah melantik Pengurus Kebugis di Propinsi Papua, Ambon, Nabire, Nunukan, Tarakan, dan provinis Jambi dan hari ini di Kendari Sulawesi Tenggara," ujar Jenderal polisi pernawirwan bintang dua itu.

Ia juga berharap, agar kepengurusan PW Kebugis di Sultra untuk periode lima tahun kedepan ini dapat menjadi penyemangat, sekaligus alat pemersatu dan ajang silaturahim yang tidak terpisahkan satu dengan lain khususnya seluruh bugis Sidrap yang bermukim di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Wali Kota H. Sulkarnain Kadir merasa bersyukur dan bahagia bisa menghadiri Pelantikan Kebugis. 

"Saya bersyukur bisa bersama bapak dan ibu di acara ini. Saya ini karena takdir adalah memiliki hubungan darah kabupaten Sidrap. Bapak saya Bilokka dan Ibu saya dari Teteaji,” kata Walikota Kendari dalam sambutannya.
 
Ia mengatakan, dengan adanya kepengurusan PW Kebugis Sultra yang berpusat di Kota Kendari bisa lebih mempererat hubungan persaudaraan dan sekaligus ambil peran dalam berbagai program pembangunan di kota Kendari pada khususnya.

"Dengan kepengurusan Kebugis Sultra yang fungsional di bidang sosial budaya diharapkan tercipta hubungan silaturahmi dan kekeluargaan dalam ikatan persatuan dan kesatuan bangsa terkhusus dalam lingkungan masyarakat asal Bugis Sidrap yang ada di Sulawesi Tenggara," ujar Walikota.

Baca juga: Kepengurusan DPW Kebugis Sultra tunggu pengukuhan

Sementara Ketua KKSS Sulawesi Tenggara H.Nurdin Tompo juga menyambut baik pelantikan PW Kebugis dan berharap bersatu di perantauan, Sulawesi Tenggara.

H. Arban Inring  Ketua Wilayah yang baru saja dilantik, merasa bangga bisa dilantik dan berjanji akan mengibarkan bendera Kebugis di seluruh bumi Anoa, Sulawesi Tenggara.

 
Poto bersama dalam rangkaian pengukuhan pengurus wilayah Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (Kebugis) periode 2019-2024 resmi dikukuhkan oleh PB Kebugis Pusat Irjen. Pol. Purn. Dr. M. Said Saile di gedung Datraco Center di Kendari, Sabtu. (foto Antara/Azis Senong)

Adapun nama-nama pengurus harian yakni Ketua H.Arban Inring dibantu tiga wakil ketua (Dr.Burhan Said, Hamzah Bado dan Hj Rahmatiah A Dody). Sementara sekertaris Hj Syahwiah Rahim dibantu tiga wakil sekertaris dan Bendahara Nasriani Purnomo dan dibantu tiga wakil bendahara.

Dilengkapi 10 bidang yakni bidang pengembangan organisasi, bidang kerohanian, bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang sosial, penggaalangan dana, seni budaya dan pamuda, kesehatan, pemberdayaan perempuan, humas dan bidang hukum.

Pelantikan ini dikemas dengan tema “Bersama Membesarkan Kebugis di Bumi Anda, Sulawesi Tenggara dengan Falsafah Rebba Sipatokkong, Mali Siparappe, Sirui Manre, Tessirui Nonno, Mallilu Sipakainge, Maingeppi Teppaja”.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar