Produsen Coklat Prancis Lirik Kakao Kolaka Timur

id Perusahaan coklat

Suasana pertemuan antara Bupati Kolaka Timur, Drs H Tony Herbiansyah MSi bersama Perwakilan dari Perusahaan Produsen Coklat Asal Prancis Mr. Julian bersama rombongan di Rujab Bupati, Sabtu. (Foto Kominfo Koltim)

Tirawuta (ANTARA) - Perusahaan produsen coklat di Prancis yakni Valrhona France, yang selama ini memproduksi aneka olahan coklat terenak di dunia, mulai melirik dan sangat tertarik akan kakao di Kolaka Timur.

Keseriusan pihak Valrhona France dibuktikan dengan kunjungan Mr Julian pihak Valrhona France di Kolaka Timur yang diterima langsung Bupati Kolaka Timur, H Tony Herbiansyah, di Rujab Bupati, Sabtu.

Julian datang dengan didampingi Agung Widiastuti dari Direktur Kalimajari asal Jembrana Bali dan pihak Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Agung Widiastuti menyampaikan, pertemuan mereka dengan Bupati Kolaka Timur, untuk pengembangan kakao fermentasi, sebagai lanjutan dari kunjungan Bupati Kolaka Timur di Jembrana beberapa pekan lalu.

“Pak Bupati ini, sangat serius untuk mengembangkan tanaman kakao yang ada di Kolaka Timur, dibukatikan dengan luasan lahan kakao yang ada. Untuk itu, kami bersama Julian ini, datang di daerah ini untuk membicarakan lebih serius kerja sama pengembangan kakao Kolaka Timur ini kedepan," kata Agung Widiastuti.

Sementara itu, Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah usai menerima kunjungan tersebut, menyampaikan jika daerahnya akan menproduksi dan menjual kakao atau coklat hingga ke manca negara atau luar negeri, seperti Prancis yang telah menunjukkan keseriusannya dengan berkunjung langsung ke daerahnya.

"Artinya, pemerintah tidak hanya akan mewacanakan tapi terus berupaya agar bagaimana cokelat kita ini dan komoditas lain punya pasar dan dilirik pengusaha dengan harga yang baik pula," katanya.

Bupati juga menyampaikan jika kakao merupakan salah satu tanaman unggulan Kolaka Timur dalam mewujudkan daerah ini sebagai wilayah yang unggul dan berdaya saing dibidang agrobisnis.

Setelah bertemu dengan bupati Kolaka Timur, Julian bersama rombongan,  mengunjungi perkebunan kakao yang dikembangkan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Sejahtera di Kecamatan Aere dan Lambandia.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar