KPU Baubau menetapkan 25 caleg terpilih

id Kpu

Saksi Parpol menandatangani berita acara penetapan perolehan kursi dan caleg DPRD Baubau terpilih, pada rapat pleno terbuka KPU Baubau di salah satu hotel di Baubau. (Foto/Azis Senong)

Baubau (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, telah menetapkan 25 calon anggota legislatif (caleg) terpilih periode 2019-2024, pada Senin (12/8).

Pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih Baubau di salah satu hotel itu, dipastikan 12 partai politik (parpol) ada perwakilannya di DPRD untuk lima tahun mendatang.

Ke-12 parpol meraih kursi di DPRD Baubau yaitu Golkar (4 kursi), PAN (3 kursi), Gerindra (3 kursi), PDIP (3 kursi), PKB (3 kursi), NasDem (2 kursi), Hanura (2 kursi), Perindo (1 kursi), Berkarya (1 kursi), PBB (1 kursi), PPP (1 kursi), dan PKS (1 kursi).

Dalam komposisi yang ditetapkan KPU, caleg berstatus petahana yang terpilih kembali tersisa enam orang yakni Kamil Adi Karim, Muhammad Ahadyat Zamani, Feto Daud, La Ode Sahrun, Rosni, dan Alianti.

Kemudian, empat orang terdapat mantan anggota DPRD Baubau periode-periode sebelumnya serta yang mengundurkan diri karena maju pilkada dan pindah partai, yakni Nasiru (2004), Roslina Rahim (2019), Haryono Hafied (2019) dan La Ode Yasin (2019).

Selebihnya, 15 orang merupakan wajah baru yang belum pernah merasakan tugas-tugas sebagai anggota DPRD Baubau juga berasal dari partai politik pendulang suara terbanyak pada Pemilu 2019 ini.

"Setelah ini akan kita sampaikan juga ke Wali Kota Baubau, selanjutnya dikirimkan ke Gubernur Sultra untuk proses peresmian pelantikan," kata Ketua KPU Baubau, Edi Sabara, di Baubau, Selasa.

Ia menyebut, pengesahan pelantikan Caleg DPRD Baubau terpilih ini nantinya berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Tenggara. "Yang jelas waktu pelantikan Anggota DPRD terpilih ini sudah paten tanggal 1 Oktober 2019," tandasnya.

Berikut daftar caleg terpilih Derah Pemilihan (Dapil) Baubau I:
1.Zahari (Golkar)
2.Kamil (PAN)
3.Nasiru (Gerindra)
4.Asaad Adi Karim (PDIP)
5.Sitti Suhura (PPP)
6.Noor Gemilang Siradja (Hanura)
7.La Madi (Berkarya)
8. M Ahadyat Zamani (NasDem)
9.Ld Abdul Tamim (PKS)
10.Ardin Jufri (Golkar)
11.Feto Daud (PKB)

Dapil Baubau II:
1.La Ode Sahrun (PAN)
2.Roslina Rahim (Perindo)
3.Rusdin (Golkar)
4.Nur Aksa (PDIP)
5.Acep Sulfan (Gerindra)
6.Haryono Hafied (PKB)
7.Rosni (PBB)

Dapil Baubau III:
1.Farida Gimaruddin (Golkar)
2.Baniu (NasDem)
3.Ld Hadia (Gerindra)
4.M Yumardin H (PDIP)
5.Masri (PAN)
6.Alianti (PKB)
7.Ld Yasin (Hanura).
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar