2000-an buruh ramaikan May Day di Kendari

id mayday,hari buruh

2000-an buruh ramaikan May Day di Kendari

Kadis nakertrans Sultra Saemu Alwi bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan dalam rapat pemantapan hari buruh 'May Day' 2019 dilakukan di aulan kantor BPJS Ketenagakerjaan Sultra di Kendari, Selasa (foto ANTARA/ Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 1 Mei 2019 tingkat Provinsi Sulawesdi Tenggara (Sultra) yang dipusatkan di Kota Kendari akan diramaikan sekitar 2000-an buruh/pekerja dari ratusan perusahaan yang akan ambil bagian pada hari H tersebut.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, Saemu Alwi saat memimpin rapat teknis pemantapan peringatan May Day di aula kantor BPJS Ketenagakerjaan Kendari di Kendari, Selasa mengungkapkan, peringatan hari buruh tahun ini akan dikemas dengan penuh kekerabatan dan kebersamaan yang diawali dengan jalan santai bersama yang akan dihadiri sekaligus melepas peserta jalan santai Gubernur Sultra Ali Mazi.

"Gubernur Ali Mazi telah menyatakan kesediannya untuk hadir dalam puncak hari buruh pada Rabu esok," kata Saemu Alwi.

Menurut dia, rute jalan santai yang menempuh jarak sekitar 2 kilometer itu, dimulai dari Kantor Nakertrans di jalan Made Sabara menuju Abdullah Silondae kemudian ke jalan Syach Yusuf- jalan Saranani- Tebau Nunggu lalu masuk ke jalan depan kantor DPRD Sultra, rumah jabatan gubernur kemudian kembali finish di kantor Nakertrans.

Setelah jalan santai, peserta disediakan satu hall untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis dan pemberian obat bagi yang membutuhkan dengan melibatkan dari tim medis bidang Kesehaatan Polda Sultra.

"Peserta jalan santai diberi kupon door prize dengan pembagian dalam bentuk kelompok yang mewakili masing-masing perusahaan mereka.  Panitia menyediakan hadih utama berupa satu unit sepeda motor dan dua unit sepeda gunung sumbangan dari BPJS Ketenagakerjaan serta beberapa hadiah menarik lain berupa kulkas, televisi, mesin cuci dan puluhan hadiah hiburan lainnya," ujarnya.

Di bagian lain, kata saemi, sebelum penarikan hadiah door prize, dari BPJS Ketenagakerjaan akan menyerahkan santunan secara simbolis kepada ahli waris kecelakaan pekerja berupa santunan kecelakaan kerja, santunan kematian, santunan hari tua dan santunan pensiun yang diserahkan gubernur Sultra.

Ia mengatakan, kegiatan hari buruh Intenasional tahun ini ingin memberikan apresiasi terhadap para pekerja/buruh untuk bersenang-senang dengan keluarganya apalagi hari itu merupakan hari libur internasional.

"Jadi kegiatan ini sifatnya bersenang-senang sebagai apresiasi terhadap para pekerja, dimana pada hari itu tidak ada lagi berurusan dengan pekerjaan. Para pekerja dapat melepas kepenatan dari beban pekerjaan rutinnya sehari-hari," kata Saemu yang didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sultra La Uno dan anggota Tripartit Sultra dan perwakilan dari perusahaan.
Kadis nakertrans Sultra Saemu Alwi bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan dalam rapat pemantapan hari buruh 'May Day' 2019 dilakukan di aulan kantor BPJS Ketenagakerjaan Sultra di Kendari, Selasa (foto ANTARA/ Azis Senong)


Saemu juga menambahkan, dalam merayakan May Day besok, juga akan dilakukan 'coffe morning' diikuti dialog sosial dengan mengundang sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, Forkopimda, serikat pekerja/buruh, Apindo, pimpinan OPD, BPJS Kesehatan, akademisi dan beberapa instansi teknis lainnya.

"Atas nama pemerintah provinsi khususnya Nakertrans Sultra menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak utamanya dari beberapa perusahaan yang ikut menjadi sponsor dalam terselenggaranya kegiatan may day tersebut," tutupnya.
 
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar