Berkurang, wilayah kerja unit Pelabuhan Baubau

id UPP Baubau

Kepala Kantor UPP Kelas 1 Baubau, Pradigdo. (foto Antara/Azis Senong)

Baubau (Antaranews Sultra) - Wilayah kerja (Wilker) Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 1 Baubau, Sulawesi Tenggara, secara otomatis berkurang dari 14 menjadi 10 Wilker seiring terbentuknya Kantor UPP Kelas III Wanci Kabupaten Wakatobi.

Kepala Kantor UPP Kelas 1 Baubau, Pradigdo, di Baubau, Selasa, mengatakan, empat wilker yang kini masuk dalam UPP Wanci berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Nomor 77 tahun 2018 yakni wilker Wanci, Kaledupa, Tomia dan wilker Binongko.

"Untuk SK personel dari UPP Baubau yang dimutasi kesana sudah keluar sebanyak tujuh orang. Itu diluar Kepala Kantornya yang dilantik tersendiri. Jadi tambahan personel disana untuk memenuhi organsiasinya dan hanya ngurus adminitrasinya, kan sebelumnya sudah ada memang kepala Wilkernya," ujarnya.

Terkait dengan penggajian pegawai yang kini telah dimutasi itu, kata dia, untuk sementara masih melekat di UPP Baubau, namun pada 14 Februari ini ada revisi pembahasan yang akan dipimpin oleh Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur.

"Jadi saya dan yang dari Wanci juga akan hadir," ujar Pradigdo yang belum lama ini menjabat Kepala Kantor UPP Baubau.

Dengan berdirinya UPP Wanci, menurut dia, otomatis secara administrasi wilayah kerja dan personel UPP Baubau berkurang karena personel UPP Baubau yang sebelumnya ditempatkan pada wilayah itu akan bergabung ke UPP Wanci.

Meski demikian, menurutnya, dalam pelaksanaan tugas di UPP Baubau semua masih bisa terpenuhi dan berjalan seperti biasa, sebab selain memiliki personel yang berstatus PNS juga terdapat sejumlah petugas non PNS.

"Insya Allah tidak ada kekurangan, seperti belum lama ini kita juga sudah melakukan mutasi dan mengisi petugas wilker yang pindah seperti Wilker Siompu (Kabupaten Buton Selatan). Jadi semua masih terpenuhi dan berjalan seperti biasa," katanya.

Dia juga mengatakan, prospek Wakatobi sangat cukup bagus, sehingga dengan terbentuknya UPP Wanci tersebut akan mempercepat pelayanan administrasi dan operasionalnya lebih memungkinkan, apalagi kapal-kapal yang dari arah timur seperti Ambon (Maluku) dan Sorong (Papua) bisa langsung ke Wanci sehingga dapat terlayani dengan cepat.

Ke-10 Wilker UPP Kelas I Baubau terdiri Wilker Liana Banggai, Sikeli (Bombana), Talaga, Wamengkoli (Buton Tengah) Kadatua, Siompu, Batuatas (Buton Selatan), Banabungi Pasarwajo, Lasalimu dan wilker Lawele (Kabupaten Buton).?

Sedangkan empat Wilker yang kini masuk pada Kantor UPP Kelas III Wanci Kabupaten Wakatobi yakni, Wilker Wanci, Kaledupa, Tomia dan wilker Binongko.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar