"Kemilau Air Terjun Moramo" perhatian karnaval sultra

id karnaval

"Kemilau Air Terjun Moramo" perhatian karnaval sultra

Dalam rangakaian pawai budaya karnaval HUT ke-54 Sultra 2018, Pemkab Konawe Selatan tampilkan suasana Kemilau Air Terjun Moramo, salah satu destinasi wisata alam di daerah itu. (Foto istimewa Humas Konawe Selatan)

Kendari (Antaranews Sultra) - Seorang putri yang menarik kereta dengan corak wara kuning-kunungan emas dengan tema "kemilau air terjun Moramo" Konawe Selatan mengundang perhatian penonton pada pawai tenun budaya yang digelar Pemprov Sulawesi Tenggara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-54 Sultra.

Kemilau air terjun Moramo yang ditampilkan Pemkab Konawe Selatan itu karena merupakan salah satu destinasi wisata unggulan daerah itu, yang dahulu kala dipercaya lokasi permandian air tawar itu sebagai tempat para bidadari yang turun dari kahyangan.

Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra Konawe Selatan, Agusalim di Kendari, Rabu, mengatakan, keikutsertaan Pemkab Konsel dan karnaval dengan destinasi air terjun Moramo, memberi gambaran sosok bidadari rupawan memakai busana berbalut motif tenun khas daerah suku Tolaki.

"Jadi parade Sultra kali ini, Konsel menggambarkan sosok bidadari rupawan yang cantik dengan busana motif tenun khas daerah yang di dalamnya terdapat kalosara, pohon sagu serta jonga (rusa) bertanduk lima, di mana motif kalosara mengartikan satu persatuan adat Tolaki/medulu mepokoaso, dengan tiga komponen yakni pemerintah, masyarakat dan agama," ujar Agusalim.

Sementara motif rusa bertanduk lima (Tanumerango) yang menyiratkan seorang pria perkasa (mokora) dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan pohon sagu menggambarkan monapa puundawaro yakni kehidupan yang sejuk, aman dan sejahtera dengan harapan kedepannya Konsel menjadi kabupaten yang aman, damai dan sejahtera dengan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan `Desa Maju Konsel Hebat`.

Menurut Agusalim, Konawe Selatan dalam ajang Hallo Sultra 2018 ini, juga ikut ambil bagian dalam pameran pembangunan yang sudah dibuka lebih awal Pj Gubrnur Sultra Teguh Setyabudi pada Senin (23/4) malam.

"Jadi dalam pameran pembangunan, Pemkab Konsel menampilkan berbagai produk hasil pembangunan mulai hasil pertanian, perkebunan, perikanan hingga pada produuk pertambangan dengan gambar dan visualisasi terkait suasana pembangunan pabrik smalter.

Untuk diketahui, corak tenun Konsel dengan sosok putri cantik itu merupakan asli Putra-Putri Konsel yang telah berprestasi di berbagai ajang, di antaranya sosok bidadari diperagakan oleh Runner Up Putri Indonesia 2016-2017 Sri Rahmisari Rembulan dengan pasangan juara I Indonesia Top Model Sultra 2016.









 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar