Sekda Kendari Resmikan Integrasi Kampung KB Labibia

id kampung-kendari

Sekda Kendari, Alamsyah Lotunani saat resmikan integrasi kampung KB Labibia bersama mitra, di Kelurahan Labibia, Jumat. (foto Antara/Suparman)

Kendari, Antara Sultra - Sekretaris Daerah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Alamsyah Lotunani meresmikan program integrasi Kampung Keluarga Berencana Labibia bersama Mitra 2017 di Kelurahan Labibia Kecamatan Mandonga.

"Integrasi kamlung KB ini adalah tindak lanjut pencanangan kampung KB di seluruh kecamatan beberapa bulan lalu. Kelurahan Labibia ini merupakan Kampung KB tingkat Kecamatan Mandonga," kata Sekda Alamsyah, Jumat.

Program inovasi dalam pemberdayaan masyarakat karena terintegrasi dengan mitra yang akan bergotong royong melaksanakan kegiatan secara terpadu. Harapan kita Kelurahan Labibia ini menjadi contoh daerah sekitarnya, ujar Alamsyah.

Kepala Bidang Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, mengatakan pemerintah sedang merevitalisasi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) agar lebih dirasakan masyarskat.

"Salah satu inovasi dari revitalisasi itu adalah pembentukan kampung KB yang berada di kawasan yang memenuhi syarat untuk menjadi kampung KB," katanya.

Menurutnya, Kampung KB merupakan salah satu trategis mendukung nawa cita presiden Jokowi yakni membangun dari pinggiran.

"Harapan lain adalah membangkitkan kembali gelora masyarakat untuk ikut KB melalui kampung KB, kemudian bisa aplikasikan delapan fungsi keluarga dalam kehidupan," katanya.

Sementara itu, Tenaga Ahli dari anggota Komisi IX DPR RI Hj Tina Nur Alam, Muh Fitriadi menyampaikan, program kampung KB adalah upaya mencapai Cita ke lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana.

Kepala Dinas KB dan Pengendalian Penduduk Kendari, Hasria, tujuan integrasi kampung KB bersama mitra ini untuk tingkatkan peran serta pemerintah, lembaga swasta untuk lakukan pendampingan kepada masyarakat untuk aktif dalam kegiatan KKBPK.

"Diharapkan tercapainya komitmen antara pemda, mitra kerja dan masyarakat dalam sukseskan kampung KB dan meningkatkan peran masyarakat ikuti program KB," katanya.

Kegiatan yang diikuti 200 orang tersebut dihadiri pula oleh Camat Mandonga dan lurah se Kecamatan Mandonga dan beberapa SKPD yang menjadi mitra kampung KB.

Dalam kesempatan itu diberikan doorprice kepada peserta yang beruntung melalui pencabutan undian, kemudian dilakukan pelayanan KB.


Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar