Sabtu, 21 Oktober 2017

Sarana Pelabuhan Murhum Baubau Mendukung Tol Laut

id baubau
Sarana Pelabuhan Murhum Baubau Mendukung Tol Laut
Wali Kota Baubau, AS Tamrin. (Foto ANTARA)
Kendari (Antara Sultra) - Sarana Pelabuhan Murhum Baubau harus ditingkatkan untuk mendukung fungsi tol laut yang melintasi Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Wali kota Baubau A.S. Tamrin di Kendari, Selasa, mengatakan kebijakan pemerintah pusat yang menetapkan alur pelayaran Wakatobi sebagai jalur tol laut menguntungkan pembangunan daerah.

"Penetapan pelabuhan Wanci di Kabupaten Wakatobi sebagai trayek tol laut tidak hanya menguntungkan Wakatobi tetapi membawa dampak positif daerah sekitarnya," kata Tamrin.

Kota Baubau yang dikenal sebagai kota jasa karena menjadi pelabuhan transit kapal barang dan penumpang dari dan ke barat - timur dituntut meningkatkan daya saing.

Tamrin menambahkan, peningkatan kapasitas pelabuhan Murhum Baubau membutuhkan dana yang cukup besar tetapi harus diwujudkan sesuai kemampuan keuangan daerah maupun suntikan dana dari pemerintah pusat melalui APBN.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Hado Hasina mengatakan tol laut serta pelabuhan penunjang lainnya masuk proyek strategis nasional sehingga menjadi prioritas.

"Penunjang tol laut adalah ketersediaan kapal untuk distribusi barang ke pelabuhan-pelabuhan sekitar wilayah tersebut. Contoh, pembangunan pelabuhan New Port Kendari terus berjalan," kata Hado.

Fasilitas pelabuhan Murhum Baubau harusmenjadi perhatian karena pendukung utama tol laut Wakatobi.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga