Andoolo (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan KB Kabupaten Konawe Selatan melakukan aksi pelayanan KB Pil di pasar Tradisional Desa Aoma Kecamatan Wolasi, Sabtu.

Selain melakukan pelayanan KB Pil, dalam kesempatan itu dilakukan pula pembagian 300 masker kepada warga.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Adpin BKKBN Sultra, jajaran Dinas Kependudukan dan KB Konawe Selatan, Camat Wolasi, dari pihak Koramil Ranomeeto dan jajarannya serta PKB, PLKB juga kader KB wilayah Wolasi.

"Dalam kegiatan ini kami melakukan pembagian masker dan alat kontrasepsi pil KB untuk mencegah kehamilan sementara karena banyak tinggal di rumah selama pandemi covid-19," kata Kabid KB Dinas Kependudukan dan KB Konawe Selatan, Juniati Silondae.

Sebenarnya kata Juniati, dalam kesempatan itu banyak ibu-ibu yang ingin pasang kontrasepsi KB implant, tetapi pihaknya hanya melayani untuk KB Pil.

Kabid Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, mengapresiasi kepada OPD kabupaten kota yang telah melakukan aksi bagi-bagi masker dan sosialisasi serta pelayanan KB pil tersebut di wilayah masing-masing.

"Semoga aksi seperti yang dilajukan Dinas Kependudukan dan KB Konawe Selatan ini bisa memberikan manfaat dan edukasi kepada warga dalam melawan atau memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah masing-masing," katanya.

Agus Salim juga mengingatkan agar senantiasa menjaga jarak kehamilan kemudian selalu menerapkan delapan fungsi keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

"Ingat jaga jarak aman, kemudian jaga jarak kelahiran biar aman. Berencana itu keren," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Wolasi, Bakri, mengatakan kegiatan-kegiatan bagi-bagi masker di tempat itu dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 sehingga dari Dinas Kependudukan dan KB, Pemerintah Kecamatan, Koramil Ranomeeto maupun Babinsa yang ada bertugas di Kecamatan Wolasi bersama melakukan bakti sosial ini.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024