Pemprov Sultra Serahkan JCH Kloter 6 ke Embarkasi Makassar

id Haji Sultra

Pemprov Sultra Serahkan JCH Kloter 6 ke Embarkasi Makassar

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin, saat menyerahkan dokumen JCH Kloter 6 asal Sultra ke PPIH Embarkasi Makassar, Selasa malam. (ANTARA/Suparman)

Makassar (ANTARA) - Rombongan perdana jamaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra), yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 UPG diserahkan oleh Pemprov Sultra ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Selasa (21/6) malam.

Penyerahan rombongan JCH asal Sultra tersebut dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin, mewakili Pemprov Sultra dan diterima PPIH Embarkasi Makassar, H Muh Tonang dengan yang ditandai dengan penyerahan dokumen.

Kegiatan penyerahan ini dihadiri Wakil Ketua Umum MUI Sultra, KH Jakri Napu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Lalan Jaya, Kepala Kantor Kemenag Muna Barat, Adnan Saufi, Asisten III Muna Barat, Asisten I Pemkot Kendari, Agus Salim, Kepala Bagian Kesra Kota Kendari, Hendra Tambera.

Jamaah calon haji yang tergabung pada kloter 6 UPG tersebut sebanyak 393 orang dengan rincian
Kota Kendari 292 orang, Kabupaten Konawe 72, Kabupaten Konawe Utara 12, Konawe Kepulauan dua dan Kabupaten Muna Barat sembilan orang, ditambah empat orang petugas dan dua orang PHD.

Adapun yang menjadi petugas haji untuk kloter 6 adalah Marwijid S.Sos MPd (TPHI), H Muh Kadir Azis SAg MEI (TPIHI),  dr Dewi Kurniawati Sumarno, MKes Sp THT-KL (TKHI), La Yani S.Kep NS (TKHI), kemudian dua pendamping haji daerah (PHD) yakni  Drs Aslaman dan Musdar SAg MM.

Kanwil Kemenag Sultra meminta kepada jamaah agar senantiasa menjaga kesehatan selama berada di tanah cuci sehingga bisa kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama saat pemberangkatan.

"Jamaah ini merupakan duta bangsa, sebagai duta bangsa, mari kita jaga nama baik daerah kita, karena para JCH ini akan bergabung dengan jutaan manusia di Tanah Suci," katanya.

Setelah penyerahan dari pemerintah Provinsi Sultra ke PPIH Embarkasi Makassar kata Zainal, maka seluruh pengelolaan dan proses pemberangkatan menjadi tanggung jawab PPIH.

"Ingat pesan Gubernur Sultra saat pelepasan, luruskan niat dan jaga kesehatan, jaga kekompakan semoga seluruh rangkaian ibadah berjalan lancar," katanya.

Kakanwil juga ingatkan JCH untuk
miliki semangat jamaah Haji Sultra yang bersahabat, jaga suasana persahabatan, kompak dan disiplin mulai dari tanah air sampai tanah suci, dalam bingkai 3B yakni Bersama, Bersatu, Bersaudara.

"Insya Allah, setelah manasik haji yang dijalani, semoga kita semakin solider kepada teman, dan semoga kesucian perjalanan ibadah haji tidak terkotori pikiran dan kelakuan jamaah haji di tanah suci yang tidak sesuai dengan niat ibadah," katanya.

Kloter 6 UPG akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 22 Juni 2022 pukul 19.30 Wita dari Bandara Sultan Hasanuddin, maskapai penerbangan Garuda dengan kode penerbangan GA1106.

Sementara itu PPIH Makassar, yang merupakan Kabid Urais Kemenag Sulsel, H Muh Tonang, menyampaikan bahwa seluruh JCH Sultra kloter 6 yang telah diserahkan menjadi tanggunggjawab sepenuhnya oleh Embarkasi.

"Mulai saat ini, para JCH tidak lagi membawa nama daerah masing-masing, tetapi sudah membawa nama baik negara, sebagai duta masyarakat Indonesia, dan menjadi wajah negara Indonesia," katanya.

Kegiatan selanjutnya kata Tonang, seluruh jamaah yang akan berangkat, akan dicek kesehatan, pemeriksaan dokumen, barang bawaan, dan manasik haji untuk seluruh jamaah kemudian dilanjutkan pemberangkatan.

"Informasi tambahan, karena kloter ini masuk dalam pemberangkatan gelombang II, maka JCH nya sudah gunakan pakaian ihram saat pemberangkatan ke Jeddah Arab Saudi," katanya.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022