Pemkot Kendari meluncurkan perpustakaan elektronik

id perpustakaan

Pemkot Kendari meluncurkan perpustakaan elektronik

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir, saat meluncurkan program aplikasi perpustakaan elektronik berlangsung di SMP 1 Kendari, Rabu. (foto ANTARA/Suparman)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari resmi meluncurkan aplikasi E-Library (perpustakaan elektronik) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Kendari di Aula Perpustakaan SMP Negeri 1 Kendari, Rabu.

"Hadirnya aplikasi e-library ini dapat mempermudah siswa-siswi untuk mencari literasi secara online," kata Wali Kota kendari, H Sulkarian Kadir, saat meluncurkan e-library tersebut.

Wali Kota mengatakan bahwa peran perpustakaan merupakan hal yang penting bagi perkembangan kemampuan literasi bagi siswa-siswi.

"Apalagi di masa pandemi COVID-19 saat ini, siswa-siswi dapat mencari literasi tersebut tanpa harus datang langsung ke perpustakaan yang dapat memungkinkan terjadi pertemuan dan kontak fisik dengan orang lain," katanya.

Sulkarnain juga meminta para guru dan orang tua di rumah agar dapat mendorong anak-anak mereka untuk mau membaca buku, karena membaca buku dapat membuka dan menambah wawasan sehingga mereka dapat meraih cita-cita di masa yang akan datang.

"Hadirnya e-library ini merupakan hal yang penting. Namun ini harus terus dikembangkan sehingga semua sekolah dan siswa-siswi dapat mengakses aplikasi ini. Semoga dengan hadirnya e-library dapat meningkatkan minat membaca pada anak-anak kita sehingga wawasan mereka bertambah sehingga lebih muda bagi mereka untuk mencapai cita-citanya," pungkas walikota.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kendari, Makmur, menjelaskan bahwa aplikasi e-library ini diluncurkan untuk mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tentang Digitalisasi Sekolah.

"Selain itu, program ini juga untuk mewujudkan visi Kota Kendari, yaitu Mewujudkan Kota Kendari yang layak huni dan berbasis ekologi, teknologi dan informasi agar mempermudah seluruh akses layanan pendidikan yang ada di Kota Kendari," katanya.

Dikatakannya, usai peluncuran aplikasi tersebut maka sebanyak 88 SD dan 19 SMP se-Kota Kendari dapat mengakses layanan buku yang ada di aplikasi e-library.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021