Pemkot Kendari raih penghargaan SAKIP Award 2020 predikat-B dari Menpan-RB

id Pemkot Kendari, raih penghargaan, SAKIP award

Pemkot Kendari raih penghargaan SAKIP Award 2020 predikat-B dari Menpan-RB

Sekda Kendari, Nahwa Umar, Saat menerima penghargaan SAKIP AWARD 2020 dari MenpanRB, di jakarta, Kamis. (Foto KOMINFO Kendari)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari sukses meraih penghargaan predikat B pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Award 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo kepada Sekda Kota Kendari Hj. Nahwa Umar di Jakarta, Kamis.

"Pemberian penghargaan tersebut tak lepas dari keberhasilan Pemkot melaksanakan reformasi birokrasi di pemerintahan," kata Sekda Kendari, Nahwa Umar, dari Jakarta.

Selain itu kata dia, penghargaan ini juga karena sukses memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta karena kekompakan ASN, Kepala OPD di Pemkot Kendari.

"Kita tidak bisa mendapatkan hasil sendiri sendiri. Ini berkat kerja keras kita semua serta karena arahan dari Wali Kota Kendari Bapak H.Sulkarnain Kadir. Mudah-mudahan ke depan prestasi ini bisa kita pertahankan bahkan kita tingkatkan,” kata Nahwa Umar.

Dijelaskan, untuk mengukur pengelolaan anggaran negara yang berorientasi hasil, Kementerian PANRB setiap tahunya melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja.

Melalui evaluasi tersebut kata dia, Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu Instansi Pemerintah.

Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.

"Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi Pemerintah berdasarkan tingkat perbaikan tata kelola instansi pemerintah melalui pelaksanaan reformasi birokrasi," katanya.

Semakin tinggi indeks reformasi birokrasi katanya, maka semakin baik tata kelola instansi pemerintah sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi stakeholder dan berkontribusi pada capaian pembangunan nasional.

"Kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tahun 2020 merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah," ujarnya.

Kegiatan ini juga lanjut Nahwa, dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu pemerintah daerah untuk semakin meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah dan semakin meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran," katanya.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar