Moeldoko membuka pameran foto LKBN ANTARA "Indonesia Bergerak 1900-1942"

id Moeldoko, pameran foto indonesia bergerak 1900-1942, pameran foto LKBN ANTARA

Moeldoko membuka pameran foto LKBN ANTARA "Indonesia Bergerak 1900-1942"

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meresmikan pembukaan pameran foto yang diselenggarakan LKBN ANTARA bertema "Indonesia Bergerak 1900-1942", di Galeri Foto Jurnalistik LKBN ANTARA, Pasar Baru, Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan itu Moeldoko mengapresiasi inisiatif LKBN ANTARA untuk menyelenggarakan pameran foto sekaligus peluncuran buku Kilas Balik 2019 + COVID-19.

"Kita mesti berterima kasih kepada LKBN ANTARA dengan segala jerih payahnya bisa mengumpulkan arsip-arsip seperti ini, bekerja sama dengan ANRI, Balai Pustaka, Perpustakaan Nasional, tentu tidak mudah," katanya.

Moeldoko menyampaikan pameran foto yang diselenggarakan LKBN ANTARA memberikan gambaran sebuah peradaban.

Dia menilai pameran foto yang diselenggarakan LKBN ANTARA merupakan sebuah hal positif, terlebih pameran ini juga diselenggarakan secara virtual.

"Saya sangat senang pameran bisa dilihat anak-anak kita secara online. Karena anak-anak dengan melihat gambar dia akan seeing is believing. Dia akan berintrospeksi," ujar dia.

Moeldoko menekankan dengan melihat pameran foto pergerakan, maka dapat tampak bagaimana peradaban berkembang.

"Tadi kita lihat (dalam foto) persenjataan Belanda pada tahun awal 1900 sekian, tapi sekarang dalam tempo sangat cepat teknologi militer sungguh luar biasa. Terus berada dimana kita ini, mau kemana kita ini? Itulah kekuatan dari sebuah pameran," kata mantan Panglima TNI itu.

Direktur Utama LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat yang akrab disapa Dimas menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk bersedia meresmikan pembukaan pameran foto Indonesia Bergerak 1900-1942 dan peluncuran buku Kilas Balik 2019 + COVID-19.

"Kehadiran Bapak Moeldoko sesuatu yang luar biasa bagi kami," ujar Dimas.

Pameran ini menampilkan 75 foto yang merupakan kumpulan bagaimana Indonesia bergerak.

"Bergerak secara bersama, baik pria, perempuan, keturunan Jawa, Arab, yang sebenarnya menjadi refleksi apa itu Indonesia," ujar Dimas.

Dimas mengatakan LKBN ANTARA berniat terus melakukan pameran lebih lanjut sampai akhir tahun sesuai arahan dan narasi untuk maju dan bergerak.

Anggota Dewan Pengawas LKBN ANTARA Mayong Suryo Laksono mengatakan pameran foto yang diinisiasi LKBN ANTARA menampilkan pergerakan bangsa Indonesia 1900-1942.

Mayong mengatakan pameran ini menampilkan salah satu episode perjalanan bangsa.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar