Selama puasa sampai lebaran, BI Sultra siapkan uang Rp1,47 triliun

id BI lebaran

Selama puasa sampai lebaran, BI Sultra siapkan uang Rp1,47 triliun

Salah satu sisi aktivitas di kantor Bank Indonesia Sulawesi Tenggara di suasana pandemi COVID-19. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Selama bulan puasa Ramadhan hingga menghadapi Idul Fitri 2020, Bank Indonesia Sulawesi Tenggara menyiapkan uang kartal sebesar Rp1,47 triliun untuk kebutuhan masyarakat di Sultra.

Dari jumlah dana tersebut, hingga minggu keempat Ramadhan, yang sudah tersalurkan sebesar Rp686 miliar atau realisasi penyerapannya baru sekitar 46,8 persen, kata Ketua Tim Adversory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, anggaran sebesar itu mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,4 miliar.

Bank Indonesia, kata Surya Alamsyah, juga sebelumnya telah memprediksi kebutuhan uang tunai masyarakat di Sultra yang ada 17 kabupaten kota yang akan dimanfaatkan untuk keperluan selama bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri bakal melonjak, sehingga disiapkan lebih.

Kebutuhan anggaran sebesar itu, juga sudah termasuk untuk pengisian sejumlah kebutuhan ATM-ATM yang tersebar di 17 kabupaten kota di Sultra.

"yang pasti bahwa dari besaran anggaran yang disiapkan selama puasa hingga menjelang lebaran ini, penyerapan belum mencapai 50 persen," ujarnya.

Rendahnya tingkat penyerapan uang kertal tersebut, lanjutnya, Bank Indonesia mengindikasikan bahwa terjadi penurunan daya beli masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang tentu akan mempengaruhi perekonomian di daerah.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir, sebab bila terjadi kekurangan dana maka Bank Indonesia perwakilan Sultra tetap akan meminta tambahan dari Makassar sebagai kantor wilayah BI untuk wilayah Sulawesi.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar