Mahasiswa IAIN Kendari Lolos Seleksi Ekspedisi "Seven Summits"

id Iain kendari

Mahasiswa IAIN Kendari Lolos Seleksi Ekspedisi "Seven Summits"

Rektor IAIN Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad saat menerima mahasiswa yang lolos seleksi Seven Summits, di ruang kerjanya, Jumat (Foto IAIN Kendari)

Kendari (ANTARA) - Seorang mahasiswa Institut agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh Rijal yang tergabung pada Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Pecinta Alam (Mahiscita) IAIN Kendari, berhasil lolos seleksi ekspedisi Seven Summits  atau Tujuh Puncak Tertinggi di Dunia.



Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama pemerintah provinsi Sultra dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Sulawesi Tenggara ini akan menaklukkan gunung Kilimanjaro, Tanzania yang merupakan gunung tertinggi di Benua Afrika.



"Saya ikut berbangga atas pencapaian tersebut sebab dipastikan mereka yang dinyatakan lolos telah melewati seleksi yang ketat dan memenuhi persyaratan tertentu," kata Rektor IAIN Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad, M.Pd, saat menerima Ketua Mahisicta Ananta Putri, Muhammad Rijal dan Koordinator Badan Pengawas dan Evaluasi Pengurus Mahiscita Hendri Kurniawan di ruang kerjanya, Jum’at.



Dikatakan, prestasi ini patut disyukuri, mudah-mudahan perjalanan menuju puncak gunung berjalan lancar tanpa kendala berarti.



"Hanya saja saya perlu mengingatkan mengenai aspek keselamatan dan keamanan selama perjalanan, harus dipastikan telah memenuhi standar keselamatan pendakian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.



Faisah mengingatkan kepada Rijal agar jangan melakukan kecerobohan atau mengedepankan ego sehingga merugikan diri sendiri.



Sebagai bentuk dukungan kampus terhadap ekspedisi ini, Rektor juga mengagendakan pelaksanaan upacara pelepasan sebelum pemberangkatan yang di jadwalkan tanggal 22 November mendatang.



Muhammad Rijal merupakan salah satu pendaki terbaik yang dimiliki Mahisicita. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahiscita Periode 2018.



Rijal mengikuti seleksi Ekspedisi Seven Summits sejak Agustus 2019. Dia bersama dua rekannya dari perguruan tinggi lain, dinyatakan lolos pada kegiatan ini karena telah memenuhi beberapa persyaratan salah satu diantaranya adalah pernah mendaki gunung dengan ketinggian di atas 3.000 meter di atas permukaan laut. Rijal pernah mendaki Gunung Latimojong di Sulawesi Selatan yang memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut.



Saat ini, Rijal tengah aktif mengikuti latihan mental dan fisik dengan harapan mampu beradaptasi dengan cuaca dingin, mengingat puncak Kilimanjaro sepanjang tahun selalu diselimuti salju. Rijal melakukan latihan penyesuaian udara dingin salah satunya dengan cara berendam di lokasi air terjun atau sungai yang dingin.



Terselenggaranya ekspedisi seven summits ini merupakan bentuk dukungan Pemprov Sultra dalam mengembangkan prestasi kepemudaan dan lingkungan hidup. Para pendaki akan mengibarkan bendera merah putih dan bendera Sulawesi Tenggara di puncak gunung dengan ketinggian 5.895 mdpl. Hal ini akan menjadi sejarah baru bagi masyarakat Sultra.



 

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar