KPU Baubau rakit 2.333 kotak suara untuk pemilu

id pemilu 2019,rakit kotak suara

Arsip - Pekerja merakit kotak suara di Kantor KPU Kota Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (6/2/2019). KPU setempat mulai merakit 4.960 kotak suara yang akan didistribusi ke 970 TPS namun pihak KPU Kota Kendari masih kekurangan 6 kotak suara akibat penambahan satu TPS. ANTARA FOTO/Jojon/19.

Kendari (ANTARANews Sultra) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyelesaikan perakitan 2.333 kotak suara yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) April 2019 mendatang.

Ketua KPU Baubau, Edy Sabara melalui pesan singkat yang diterima, Senin, mengungkapkan kotak suara berbahan karton kedap air (duplex) dengan salah satu sisinya yang transparan itu akan menggantikan kotak suara berbahan aluminium yang selama ini digunakan dalam Pilkada maupun Pemilu.

"Perakitan kotak suara ini rampung setelah dikerjakan selama Tiga hari dengan melibatkan sedikitnya 10 orang personel, dan Alhamdulillah tidak ada kerusakan pada Kotak Suara tersebut," ujar Edy Sabara.

Ia juga berharap Kotak Suara ini tidak menjadi polemik lagi di tengah masyarakat.

"Dengan logistik yang ada baik Kotak suara maupun bilik suara itu tidak usah kita polemikan karena itu diatur oleh Peraturan KPU yang diberikan kewenangan untuk membuat spek tersendiri oleh KPU RI. Sehingga kotak suara yang transparan dengan berbahan karton kedap air itulah yang dipakai pada Pemilu 2019," harap Edy.

Sementara untuk yang berbahan aluminium kata Edy Sabara, sudah tidak bisa digunakan karena tidak transparan, sementara syarat di dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kotak suara harus transparan yang salah satu sisinya bisa dilihat.

Terkait surat suara, Edy Sabara mengatakan saat ini KPU RI masih sementara melakukan percetakan terhadap seluruh surat suara.

"Kita targetkan paling lambat awal bulan Maret sudah masuk di Kota Baubau untuk secepatnya dilakukan penyortiran dan pelipatan," ujarnya.

Selain surat suara, KPU Baubau juga masih menantikan distribusi hologram dari KPU RI, sementara sejauh ini yang sudah diterima KPU Baubau dari KPU RI antara lain kotak suara, bilik suara, tinta dan segel.

Baca juga: KPU minta masyarakat memastikan namanya masuk DPT

"Logistik yang belum masuk di KPU Baubau itu surat suara yang sekarang masih dalam proses percetakan dan hologram," imbuhnya.

Edy Sabara juga menambahkan selain itu ada juga beberapa logistik Pemilu yang diadakan oleh KPU Provinsi, yakni beberapa formulir. Dan untuk kebutuhan TPS seperti ATK dan alat coblos yang diadakan oleh KPU Kabupaten/Kota semuanya sudah tersedia.

Baca juga: Tingkatkat partisipasi Pemilu, KPU sosialisasi ke sekolah

"Dan yang disediakan KPU Kota Baubau seperti alat coblos, karet, tali pengikat, pulpen, spidol, dan semua alat kelengkapan TPS sudah sampai semua dan sudah ada," tutupnya.
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar