Sekda: Integrasi Kampung-KB Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

id kampung-kb

Sekda Kendari, Alamsyah Lotunani saat membuka integrasi kampung KB bersama mitra 2017 di Kampung KB Kelurahan Bungkutoko Kecamatan Nambo, Sabtu. (Foto ANTARA/ Suparman)

Kendari, Antara Sultra - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Alamsyah Lotunani, mengatakan integrasi kampung KB bersama mitra bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Kalau mitra kampung KB seperti Dinas Perindag memberikan keterampilan kepada warga kampung KB akan bisa merangsang warga ciptakan lapangan pekerjaan," kata Alamsyah saat membuka Integrasi Kampung KB Bersama Mitra 2017 di Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Sabtu.

Ia mengatakan, integrasi kampung KB ini adalah tindak lanjut pencanangan kampung KB di seluruh kecamatan beberapa bulan lalu, Kelurahan Bungkutoko adalah kelurahan yang ditetapkan menjadi Kampung KB tingkat Kecamatan Nambo beberapa waktu lalu.

"Kampung KB ini merupakan program inovasi BKKBN dalam pemberdayaan masyarakat karena terintegrasi dengan mitra yang akan bergotong royong melaksanakan kegiatan secara terpadu," katanya.

Sekretaris BKKBN Sultra, Jamaluddin, mengatakan angka kelahiran di Indonesia masih tinggi sehingga pemerintah melalui BKKBN bersama mitra intens melakukan sosialisasi dua anak cukup.

"Berbicara kampung KB ini adalah sesuatu yang baru dan merupakan inovasi dalam mendukung program nawa cita Presiden Jokowi yakni membangun dari pinggiran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK)," katanya.

Ia berharap, kampung KB terintegrasi dengan sektor yang lain, artinya kampung KB ini tidak hanya tanggung jawab BKKBN tetapi butuh keterlibatan semua pihak.

Kegiatan itu dihadiri Tenaga ahli anggota komisi IX DPR RI, Tina Nur Alam, Muh Fitriadi karena menjadi mitra kerja BKKBN di pusat.

"Kegiatan ini menjadi bahan evaluasi di lapangan untuk melihat progresnya, sehingga anggarannya ditingkatkan tahun depan atau tidak dilanjutkan lagi," katanya.

Kepala Dinas KB dan Pengendalian Penduduk Kendari, Hasria, melaporkan kegiatan yang diikuti 200 orang tersebut dihadiri pula oleh Kabid Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, Camat Nambo dan lurah se Kecamatan Nambo dan beberapa SKPD yang menjadi mitra kampung KB.

Dalam kesempatan itu diberikan doorprize kepada peserta yang beruntung melalui pencabutan undian, kemudian dilakukan pelayanan KB.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar