Jasa Raharja Gandeng Perusahaan Pelayaran Cegah Kecelakaan

id gandeng

ilustrasi (foto Antara)

Kendari, Antara Sultra - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tenggara (Sultra) bermitra dengan 18 perusahaan pelayaran untuk misi pencegahan kecelakaan transportasi laut.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sultra Jhon Veredy Panjaitan di Kendari, Minggu, mengatakan 18 pelaksana pelayaran tersebut terdiri dari perusahaan swasta maupun perusahaan milik negara.

"Masih ada perusahaan pelayaran skala besar dan kecil yang belum bekerja sama dengan Jasa Raharja terkait pencegahan kecelakaan transportasi laut," kata Jhon Veredy.

Secara bertahap, Jasa Raharja memberikan perhatian kepada mitra berupa peralatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan bagi penumpang maupun anak buah kapal (ABK).

"Pemerintah tidak pernah berhenti memperhatikan dan peduli dengan nasib atau keselamatan warga negara, khususnya yang melakukan perjalanan baik pengguna transportasi darat, laut maupun udara," kata Jhon.

Awal bulan ini, katanya, dua perusahaan pelayaran yang memperoleh bantuan keselamatan dari Jasa Raharja adalah PT Askar Saputra dan PT Uki Raya.

Dua perusahaan pelayaran, masing-masing kebagian bantuan keselamatan berupa 15 jaket pelampung dan 10 pelampung bodi kualitas terbaik.

"Volume bantuan disesuaikan dengan kondisi anggaran. Sejak beberapa tahun lalu sudah menurunkan bantuan, khususnya armada transportasi darat dan laut.

"Perusahaan pelayaran yang memiliki izin berlayar, izin mengangkut barang dan orang. Jasa Raharja selektif mengucurkan bantuan karena anggaran bersumber dari keuangan negara yang harus dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Perwakilan PT Uki Raya, Andika (35) mengapresiasi bantuan perlengkapan pencegahan kecelakaan dari Jasa Raharja.

"Pihak perusahaan maupun calon penumpang harus menyadari pentingnya keselamatan dalam perlayaran. Jika dibandingkan dengan premi Rp2.000 tidak berarti apa apa bagi Jasa Raharja," kata Andika.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar