Bhabinkamtibmas Polres Bombana Bangun SD Swasta

id Polres Bombana

Kendari (Antara Sultra) - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkatibmas) Polres Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara membangun gedung Sekolah Dasar (SD) swasta "Anak Soleh" di Desa Tunas Jaya untuk mengatasi keluhan masyarakat setempat terkait jarak sekolah yang sangat jauh.

"Saya terpanggil untuk membangun pendidikan saat itu karena sebagian besar warga desa binaan harus rela meninggalkan pekerjaannya untuk hanya mengantar dan menjemput anaknya yang bersekolah pada jarak sekitar 8 kilometer dari desanya," kata Brigadir Polisi Muhammad Saleh melalui pesan Whatsapp yang diterima di Kendari, Rabu.

Menurut Saleh , Bhabinkamtibmas Desa Tunas Baru yang menjadi pemrakarsa terbentuknya sekolah sasta itu diprakarsai sejak 2015.

Ia mengatakan jarak yang cukup jauh ditambah dengan kondisi jalan yang rusak parah, memberikan inspirasi untuk segera berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait tata cara membuka lembaga pendidikan saat itu.

"Hasilnya koordinasi tersebut, kemudian saya sampaikan dalam rapat dengan warga dan pemerintah desa untuk membentuk sekolah baru," ujar Saleh seraya menambahkan kesepakatan dalam rapat itulah pada 2015, merekrut murid dan melangsungkan proses belajara-mengajar di rumah salah seorang warga.

"Rumah itu semacam dikontrakkan, sebab kami membuatkan lantainya demi kenyamanan peserta didik," imbuhnya.

Saleh mengatakan sekitar 8 bulan menggunakan rumah warga tersebut, kemudian mereka menggunakan Balai Desa Tunas Baru yang dibagi menjadi dua kelas.

"Sekitar satu tahun aula tersebut digunakan, kemudian awal tahun ajaran Baru 17 Juli lalu 2016, siswa-siswi kami pindahkan untuk menfungsikan gedung SDS Anak Soleh ini yang dibangun secara swadaya," terangnya.

Saleh menyebutkan, sejak SD Swasta Anak Soleh dibuka, pihaknya telah menerima sebanyak 33 murid yang terdiri dari 12 murid kelas 1, 10 murid kelas 2 dan 11 orang murid kelas 3.

"Dari tiga kelas tersebut juga kami merekrut 3 orang tenaga pengajar yang honornya diambilkan dari dana bantuan operasional siswa (BOS)." imbuhnya.

Kapolres Bombana AKBP Bestari Harahap Hamonangan sangat mengapresisiasi anggotanya yang kreatif dan selalu berinspirasi untuk kepentingan masyarakat.

"Apresisasi itu kami akan wujudkan dalam bentuk penghargaan kepada Brigadir Muhammad Saleh," tandas Kapolres.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar