Ummat Buddha Sultra Ziarah TMP Jelang Waisak

id budha

Kendari (Antara News) - Umat Budah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu, melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Watubangga Kota Kendari dalam rangka menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2560 BE/2016.

Acara yang diikuti sekitar 100 umat Buddha dari perwakilan Wihara ini dihadiri Kepala Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Sultra, Sihar. "Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menunjukan rasa bakti terhadap bangsa dan negara, dengan cara mengenang para pejuang yang telah gugur membela bangsa dan tanah air," kata Sihaer.

Ia mengatakan, sebelumnya umat Buddha melakukan kegiatan di Wihara masing-masing yang disebut pekan penghayatan damai. "Kegiatan ini dalam bentuk bhakti bersama yang intinya pendalaman terhadap penghayatan nilai agama," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan bakti itu dilakukan serentak di Indonesia dalam rangka Waisak pada 22 Mei 2016. "Saran saya ke umat, melalui Waisak tahun ini paling tidak ada peningkatan kualitas batin kita, karena inti utama beragama adalah memperbaiki diri dan bakti kita, agar kita lebih bermanfaat kepada keluarga dan orang lain," katanya.

Data Kanwil Kemenag Sultra menyebutkan jumlah umat Buddha di Sultra mencapai 15.000 orang, yang tersebar . paling banyak di Kabupaten Konawe Selatan, Konawe, Muna Barat, dan Kota Kendari.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar