Kamis, 21 September 2017

Lumat Lyon 4-1, Ajax Diambang ke Final Liga Europa

id ajax
Lumat Lyon 4-1, Ajax Diambang ke Final Liga Europa
Ajax Amsterdam (Reuters)
Amsterdam, Antara Sultra - Ajax Amsterdam di ambang maju ke final turnamen Eropa yang pertamanya sejak 1996 setelah menggebuk Olympique Lyonnais 4-1 pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa, Kamis dini hari WIB ini.

Bertrand Traore memimpin penampilan mengesankan Ajax dengan mencetak dua gol ketika tim asal Belanda ini menurunkan starting line-up berata-rata usia di bawah 22 tahun.

Remaja asal Denmark Kasper Dolberg dan Amin Younes menciptakan dua gol lainnya Ajax, sedangkan Mathieu Valbuena menciptakan satu-satunya gol tim tamu asal Prancis itu.

Ajax yang empat kali menjadi juara Eropa pernah menjadi salah satu klub terbesar di Eropa dan kini tidak lagi bersaing secara finansial dengan klub-klub Inggris, Spanyol dan Jerman.

Penampilan terakhir mereka pada final tingkat Eropa adalah pada Liga Champions 1996 saat menjamu Juventus lewat adu penalti.

Tim tamu hanya tampil baik pada 20 menit pertama pertandingan dengan terus menekan Ajax sehingga tuan rumah kesulitan keluar dari wilayahnya sendiri.

Tetapi pendulum berubah seketika setelah Troure menjaringkan gol pada menit 25 usai menyambar tendangan bebas Hakim Ziyech dengan sundulan yang tidak bisa dihalau penjaga gawang Lyon Anthony Lopes.

Penyerang Burkina Faso yang dipinjamkan dari Chelsea itu juga merancang gol kedua Ajax sembilan  menit kemudian ketika dia menanduk bola hasil sapuan Lopes ke arah Dolberg yang diteruskannya menjadi gol yang tak bisa dicegah kiper asal Portugal itu.

Ajax memperbesar keunggulannya empat menit babak kedua mulai setelah Ziyech mengumpan Younes yang menaklukkan Lopes. Bola yang sudah masuk gawang ini disapu seorang bek, namun sudah dinyatakan gol tanpa bantuan teknologi garis gawang yang tidak digunakan dalam Liga Europa.

Valbuena mengejar ketertinggalan timnya dengan gol pada menit 66.  Nabil Fekir hampir menciptakan gol kedua Lyon ketika percobaan golnya dimentahkan Andre Onana.

Traore kemudian mengembalikan keunggulan tiga gol Ajax setelah melepaskan tembakan dari jarak dekat usai menerima assist ketiga Ziyech pada pertandingan ini.

Jumat dini hari esok, Celta Vigo menjamu Manchester United  pada pertandingan leg pertama semifinal lainnya Liga Europa, demikian Reuters.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga