Menpora dan PWI lakukan MoU DBON di HPN 2022 di Kendari

id Menpora Mou PWI

Menpora dan PWI lakukan MoU DBON di HPN 2022 di Kendari

Menpora Zainudin Amali saat menerima Ketua PWI Pusat Atal S Depari di gedung Kemenpora, Jumat. (Antara/HO PWI Pusat)

Kendari (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Manpora) Zainudin Amali memastikan kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam mensosialisasikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama tersebut akan diteken pada Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Saya siap hadiri HPN di Kendari dan Siwo Pusat yang akan mensosialisasikan DBON saat Rakernas serta memberikan penghargaan kepada para inisiator olahraga nasional," kata Menpora Zainudin Amali melalui rilis PWI yang diterima, Jumat.

DBON sebagai perwujudan Perpres No.86 Tahun 2021 sangat diperlukan. Pasalnya, Perpres No. 86 Tahun 2021 tentang DBON ini akan jalan dengan baik di daerah-daerah terutama di 10 sentra kalau melibatkan media sebagai fungsi kontrol.

"Kami siap kerjasama. Keterlibatan pers sangat penting untuk mengingatkan pemerintah daerah dalam tugas mereka tentang Perpres No.86 tahun 2021," kata Zainudin Amali saat menerima PWI Pusat di ruang kerjanya di Senayan Jakarta (14/1).

Menpora dalam pertemuan tersebut didampingi Deputi IV bidang pembinaan olahraga prestasi Chandra Bakti dan staf khusus Mahfudin Nigara. Sedangkan dari pihak PWI Pusat dipimpin langsung Ketua Umum Atal S Depari, Sekjen Mirza Zulhadi serta Ketua Siwo Pusat Gungde Ariwangsa dan sekretaris Suryansyah.

"Ini perintah presiden. Ada perintah untuk kepala daerah membuat tim kordinasi. Kalau saat ini belum mereka bentuk, berarti perlu diingatkan," ujar Amali.

Lebih lanjut dikatakan jika pers berperan aktif mensosialisasikannya diharap informasi DBON dapat meresap dengan baik di insan olahraga Indonesia.

Dalam audiensi tersebut Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari menuturkan Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) bukan hanya wartawan profesional dibidang olahraga. Tapi juga sebagai stake holder yang mempunyai peran strategis dalam mengembangkan pembinaan olahraga nasional.

"Mereka bukan hanya ahli menulis berita olahraga, tapi juga sebagai salah satu stake holder yang mampu merangsang para atlet untuk berprestasi," ujar Atal Depari.
Menpora Zainudin Amali saat menerima Ketua PWI Pusat Atal S Depari di gedung Kemenpora, Jumat. (ANTARA/HO PWI Pusat)

Untuk lebih konkret dan mempertajam sosialisasi, Atal S Depari menyerahkan draf MoU yang nanti akan ditandatangani dalam rangkaian peringatan HPN di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Pak Menpora agar lebih konkrit akan pentingnya sosialisasi DBON, kami dari PWI khususnya SIWO menyampaikan draf MoU. Nanti melalui Bapak Deputi agar ditelaah dan final nanti ditandatangani dalam rangkaian HPN di Kendari," kata Atal.

Lebih lanjut dikatakan nota kesepahaman bukan hanya mensosialisakan DBON ke seluruh perwakilan Siwo di 35 derah dari 34 provinsi. Tapi juga ada item-item lainnya yang tidak kalah penting.

Atal Depari menyebut ada rencana mewujudkan Pusat Informasi Olahraga Nasional Indonesia Raya (Pionir) yang bisa menjadi rujukan pengetahuan dan pemberitaan tentang perkembangan olahraga tanah air. Pun Indonesian talent scouting guna menunjang pencarian bibit berbakat dari 14 cabor prioritas DBON.



Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022